Bupati dan Ketua DPRD Sintang Saksikan Lomba Menangkap Babi

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Bupati Sintang Jarot Winarno dan Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward bersama-sama menyaksikan lomba menangkap hewan babi dalam rangka memeriahkan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Komplek Stadion Baning Sintang, Rabu (18/07/2018) pagi tadi.

Orang nomor satu di Kabupaten Sintang ini menilai lomba menangkap babi tersebut merupakan tradisi masyarakat adat Dayak yang harus di lestarikan dalam setiap pekan gawai Dayak sehingga harus di dukung oleh semua element.

“ya seru cuma memang ya seperti juga tahun lalu kalau dah makin lama yakan babi nya dah capek bah, mustinya ada babi penganti,”kata jarot.

Jarot mengungkapkan bahwa tahun ini kali kedua dirinya menyaksikan lomba menangkap hewan babi tersebut, dan aturannya pun agak sedikit berbeda karena tahun 2017 lalu aturan dalam perlombaan di mana pelicin di oleskan ke badan babi, namun tahun 2018 ini hanya tangan peserta saja yang di oles pelicin. “seharusnya aturan memakai pelicin untuk menangkap babi itukan tidak hanya di oleskan di tangan peserta, namun juga harus di oleskan ke badan hewan babi tersebut, biar lebih seru bah jadikan babinya tidak mudah di tangkap”ungkap jarot.

Sementar Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward yang juga Ketua DAD Kabupaten Sintang mengatakan perlombaan menangkap babi tersebut di gelar untuk melestarikan nilai budaya atau tradisi masyarakat Dayak yang ada, terlebih juga setiap Pelaksanaan Gawai Dayak di tingkat Kabupaten maupun Provinsi di Kalbar selalu di gelar.

“ini memperkenalkan kepada masyarakat Sintang yang ada bahwa menangkap babi juga merupakan nilai tradisi budaya masyarakat adat yang sejak dulu sudah di lakukan,”kata uangkapnya.

Pria yang mengenakan  rompi  merah bermotif dayak ini juga berharap pelaksanaan lomba menangkap hewan babi kedepannya dapat dikemas lebih baik lagi supaya lebih seru.

“ini sudah baik namun perlu kita tingkatkansupaya lebih baik dan meriah,” pintanya.(evy)

__Terbit pada
19/07/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya