Dewan Minta Pemkab Segera Selesaikan Pembangunan  Rumah Betang

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward. (Dok. Timot)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward meminta kepada pemerintah Kabupaten Sintang supaya segera menyelesaikan pembangunan rumah betang yang terletak di Desa Jerora kecamatan Sintang.

Pembangunan rumah betang tersebut sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu namun sempat terhenti dikarenakan keterbatasan anggaran. Jeffray beraharapa pemerintah dapat mengalokasikan anggran untuk penyelesaian rumah betang tersebut tahun 2018 ini.

“Kita minta kepada pemerintah supaya cepat menyelesaikan pembangunan rumah betang, dan kita juga akan mendukung penuh, ” kata Jeffray, Senin (17/07/2018).

Pihaknya kata dia siap mendukung pemerintah dalam proses pembangunan rumah adat suku Dayak di Kabupaten Sintang ini.

“Pemerintah alokasikan anggrannya  dan kita akan menyetujui,” timpalnya.

Menurutnya pengoperasian rumah betang tersebut sudah menjadi kerinduan masyarakat suku dayak di Kabupaten Sintang.  tahun 2018 kegiatan pekan gawai dayak kabupaten Sintang masih dilaksanakan di Stadion. Jeffray berharap gawai dayak tahun 2019 mendatang bisa dilaksanakan di rumah betang yang sudah dibangun.

“tentu kita berharap pembangaun rumah betang ini bisa diselsaikan tahun 2018 ini, sehingga kegiatan gawai dayak dapat dilaksanakan di rumah betang,” tutur jeffray.

Selain sebagai  pusat gawai dayak, rumah betang juga akan menjadi tempat wisata baru di kabupaten Sintang.

“Selain itu pembangunan rumah betang ini juga upaya kita melestarikan kebudayan di Sintang ini,” pungkasnnya. (mo)

__Terbit pada
16/07/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya