Danrem 121/Abw Ajak Masyarakat Cegah Terjadinya Karhutla 

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Danrem 121/Abw Brigjen TNI  Bambang Ismawan mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Barat  bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).  Hal ini menurutnya penting dilakukan supaya kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak kembali terulang.

“Sekarang kita memasuki musim kemarau, mari kita semua bersama-sama cegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ajaknya.

Kahutla akan berdampak buruk terhadap kelestarian lingkungan. Polusi asap yang dihasilkan berdampak buruk pada kesehatan dan akan melumpuhkan berbagai aktifitas seperti aktifitas penerbangan.

“kalau itu sampai terjadi lagi kita yang rugi,” tuturnya.

Danrem juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak membuka lahan untuk berladang supaya berkoordinasi dengan Bhabinsa atau aparat di daerahnya masing-masing. pihaknya kata danrem sudah menugaskan bhabinsa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya karhutla.

“bukan tidak boleh membuka lahan, namun harus berkoordinasi dengan Bhabinsa supaya ada solusi, dan tidak terjadi pembukaan lahan secara masal,” pesannya.

Baca :Halal Bihalal Jajaran Korem 121/Abw, Ini Pesan Danrem

Baca : TNI di Sungai Kelik Buatkan Rakit Untuk Warga

Danrem juga mengingatkan masyarakat supaya tidak membakar sampah saat kemarau dan tidak membuang puntung rokok yang masih menyala di sembarang tempat.

“budayakan buang sampah pada tempatnya, pastikan api puntung rokok sudah padam sebelum dibuang, hal ini kita perhatikan sebab menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita semua,” ujarnya.

Selain mengkampanyekan bahaya karhutla kepada masyarakat, pihaknya juga mengoptimalkan pengawasan terhadap daerah yang rawan terjadi karhutla,” seperti daerah gambut kalau sudah terbakar sulit dipadamkan, maka kita tugaskan peronil untuk patroli di daerah yang rawan terbakar,” pungkasnya. (mo)

 

Timot Timot

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top