Dewan Dorong Pemerintah Bantu Masyarakat Kembangkan Kerajinan Tangan

Ketua Komisi B DPRD Sintang, Florensius Ronny

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang Florensius Ronny mengatakan masyarakat Desa Ensaid Panjang telah melesatrikan budaya kearifan lokal secara turun temurun. Selain terkenal dengan rumah betang yang masih Asli, Desa Ensaid Panjang  juga lebih dikenal dengan hasil kerajinan tangan yang telah mendunia yakni Tenun Ikat.

“Dengan terjaganya kearifan lokal tersebut, Desa Ensaid Panjang menjadi salah satu  tempat wisata budaya yang menarik di kabupaten Sintang dan kerap dikunjungi turis dari dalam dan luar negeri,” ujar Ronny.

Ronny mengatakan upaya masyrakat ini melesatrikan kerjainan tangan yang berkualias sudah sangat baik, dia berharap dukungan  pemerintah  untuk pengembangan kerajinan tangan masyarakat setempat.

“Masyaakat disini sudah mengetahui potensi yang mereka punya. Selain melestarikan kearifan lokal, kerajinan tangan yang mereka hasilkan juga bernilai ekonomi yang cukup baik, seperti Tenun Ikat yang sudah dijual hingga ke Luar Negeri,”  kata Ronny.

Menurut Ronny Pemerintah perlu membantu masyarakat untuk menjual hasil kerajinan tangan, karena produk yang dihasilkan juga beragam. Tidak hanya di desa ini, ada juag desa lainya yang menghasilan produk kerajinan tangan.

“Kendala yang kerap mereka hadapi yakni sulit memasarkan produk yang dihasilkan, karena produknya juga beraga, mulai dari Tenun Ikat, Manik-Manik, anyaman dan lainnya.

“Mereka perlu wadah yang dapat membatu menjualkan produk yang mereka hasilkan, dan itu adalah tugas pemerintah dalam pengembanga ekonomi kerakyatan, ” Pungkasnya.

Dukungan pemerintah menurut Ronny sangat penting supaya masyarakat pengerajin lebih bersemangat menghasilkan produk kerajinan tangan yang berkualitas.

“Dukungan pemerintah ini juga mendorong masyarakat melesataikan kearifan lokal,” pungkasnya.(red)

__Terbit pada
10/07/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya