Kunjungi Desa Apin Baru, Wabup Tatap Muka Dengan Masyarakat

Kunjungi Desa Apin Baru, Wabup Tatap Muka Dengan Masyarakat

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM menyambangi Desa Apin Baru Kecamatan Dedai, Kamis (5/7/2018).

“Desa ini hampir tidak pernah dikunjungi oleh pejabat tignkat kabupaten, kunjungan terakhir yang mereka dapat itu lima (5) tahun lalu,” ungkap Askiman. “kita (pemerintah.red) menggunakan momen gawai adat ini untuk datang melihat mereka di sini,” tambahnya.

Upacara penyambutan sederhana dihunjukkan warga pada kedatangan wakil bupati itu. Mereka tampak kikuk dikunjungi pejabat tinggi kabupaten Sintang itu. Wakil Bupati menyempatkan diri mengunjungi beberapa rumah warga yang ada di Desa Apin Baru. Sejumlah warga lain tampak melihat malu-malu dari jendela dan pintu rumahnya kearah rumah tetangga yang dikunjungi oleh Askiman.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati didaulat membuka tempayan tuak pemali milik warga. Beliau juga melakukan peninjauan pembangunan gedung gereja milik warga.

“mereka membutuhkan perhatian yang serius, khususnya kodisi pembangunan belum mendapatkan bagian dari jatah pembangunan daerah,” ungkap Askiman. “infrastruktur dasar, jalan dan jemabtan mereka saat ini kondisinya sangat parah,” tambahnya.

“kami sarankan penggunaan APBDesnya dimaskimalkan misalnya dengan pengadaan BUMDes,” kata Askiman. “lakukan komunikasi yang lebih intenslah dengan pemerintah daerah di kabupaten. Membangun komunikasi ini sangatlah penting agar arah dan strategi pembangunan walaupun ada kendala soal pendanaan,” katanya lagi.

Marinus, selaku Kepala Desa Apin Baru menyampaikan bahwa pihaknya mewakili warga desa mengungkapkan rasa senangnya atas kunjungan ini. Ia lalu memaparkan gambaran singkat mengenai desanya. Anak-anak Desa Apin Baru harus berjalan kaki sejauh 2-5 kilometer ke desa Buluh Merindu. Polindes pun mereka belum punya, untuk berobat mereka harus pergi desa sebelah juga. Desa ini memiliki kurang lebih 150 kepala keluarga, yang dibagi dalam 4 dusun, Apin 1-3 dan Pencaron.

“sejak 2014 kami ini baru sekali jak dikunjungi pejabat Kabupaten, waktu itu kami meresmikan gereja lama kami bersama Uskup Agustinus,” kata Marinus. “Kami ingin dengan datang ketempat kami ini, pemerintah kabupaten bisa melihat kondisi kami di sini secara langsung, sehingga nanti beliau bisa memberi kami arahan untuk lebih meningkatkan pembangunan di Apin Baru ini,” harapnya

__Terbit pada
07/07/2018
__Kategori
Sintang