Bupati dan Dewan Sintang Ajak Dukung Desa Ensaid Panjang Jadi Desa Adat Terbaik

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang masuk nominasi 10 besar Desa Adat Terbaik se Indoensia. Desa Ensaid Panjang sudah dikenal hingga ke kancah Internasional berkat karya kerajinan tangan masyarakat setempat.

Masyarakat disini menghasilkan kerajinan Tenun Ikat Dayak dan Manik-Manik yang sudah di Ekspor ke Luar negeri. Karya kerajian tangan yang memiliki nilai fiosopi ini yang menarik minat wisatawan baik dalam dan luar negeri.

“Setiap tahunnya pemerintah  melakukan penganugrahan  Pesona Indonesia dan Desa  Ensaid Panjang masuk dalam 10 nominasi, mari kita dukung,” Pinta Bupati Sintang Jarot Winarno, Kamis (05/07/2018)

Senada dengan Bupati Sintang, Anggoat DPRD Sintang Florensius Ronny juga mengajak masyarakat kabupaten Sintang mendukung Desa Ensaid Panjang menjadi Desa Adat Terbaik Se Indonesia.

Dia mengatakan Desa Ensaid Panjang memiliki pontensi yang sangat baik di bidang kerajinan tangan. Kearian lokal tersebut telah terpelihara hingga saat ini. Produk tenun Ikat yang disahsilak masyaraka setempat juga sudah mendunia. Dengan kelestarian kearian lokal tersebut desa Ensaid Panjang menjadi tempat Destinas Wisata di Kabupaten Sintang.

“kita patut bangga ada masyarakat kita yang mandiri menjaga kearifan lokal, maka mari kita dukung supaya Desa Ensaid Panjang bisa menjadi Desa Adat Terbaik,” ajaknya. (red)

__Terbit pada
07/07/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya