Komisi B DPRD Sintang Minta Dinas PU Provinsi Segera Tangani Jalan Poros Kayan

Ketua Komisi B DPRD Sintang, Florensius Rony

SINTANG[www.mediakapuasraya.com]- Kondisi ruas jalan dari Kayan Hilir menuju Kayan Hulu yang terletak di Kabupaten Sintang saat ini mengalami kerusakan parah.

Menurut Ketua Komisi B DPRD Sintang, Florensius Ronny, pemerintah Kabupaten Sintang tidak bisa mengambil tindakan atas kondisi ruas jalan tersebut lantaran berstatus jalan Provinsi. Karena itu dirinya meminta agar pemerintah Provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk segera mengambil tindakan.

”Kita di komisi B sudah rapatkan perihal jalan ini,  artinya kita minta perhatianlah dari Dinas PU Provinsi karena memang itu ruas jalan provinsi yang pada prinsipnya pemerintah Kabupaten juga tidak bisa meletakan anggaran disitu,” ujarnya usai Rapat Paripurna di DPRD Sintang, Selasa (05/06/2018).

Politisi Nasdem ini berharap setidaknya pemerintah provinsi melalui dinas terkait paling tidak bisa memasukan jalan tersebut ke program Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ).

” Dimasukkanlah keprogram seminimal mungkin UPJJ provinsi agar jalan itu bisa difungsionalkan karena cukup meresahkan masyarakat juga, ” pintanya .

Bukan tanpa alasan, Ronny mengatakan akses jalan tersebut sangat penting artinya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Apalagi kata Ronny jumlah warga yang memanfaatkan akses jalan itu jumlah sudah puluhan ribu.

“ Karena untuk jumlah penduduk yang menggunakan akses jalan itu juga sudah puluhan ribu jiwa dan jalur ekonomi juga udah pasti tidak berjalan, karena kita yakin ekonomi masyarakat disana lambat gara-gara faktor infrastruktur kita yang parah itu, ” sesalnya.

Karena akses jalan itu saat ini tidak bisa berfungsi maka Ronny meminta pihak provinsi segera melakukan penanganan. Jika pun tidak bisa melakukan peningkatan maka kata Roni minimal jalan itu bisa difungsikan dulu.

” Sangat mohon kepada dinas PU Provinsi agar segera memberikan penangananlah. Minimal memfungsikan kembali jalan tersebut kalau memang belum mampu memberikan peningkatan, dioptimalkan dululah dalam bentuk pemeliharaan atau seperti apa, ” harapnya (mo/red)

Timot Timot

Related posts

Top