Internet di Pedalaman Tidak Stabil, Dewan Dorong Pemerintah Cari Solusi

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida. (Dok. Timots)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Tidak stabilnya jaringan internet di daerah pedalaman harus menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya akibat gangguan tersebut  pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terhambat. Seperti UNBK di SMA Negeri 1 Ketungan Hulu, Kabupaten Sintang. UNBK di pedalaman itu terkendala pada persoalan gangguan jaringan internet.

“dampaknya UNBK tidak lancar dan konsentrasi siswa tergangu,” Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida, Usai meninjau UNBK SMA di Sintang, belum lama ini.

Mestinya kata Politisi Gerindra ini, kendala semacam ini sudah diantisipasi jauh jauh hari menjelang UNBK dilaksanakan “Seharusnya masalah ini tidak terjadi, kalau saja ada persiapan yang matang yang dilakukan pihak terkait. Kalau sudah begini kan kasihan para siswa,” ungkapnya.

Ia sangat berharap, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sintang meningkatkan sarana penunjang UNBK, termasuk jaringan internet, listrik dan lainnya.

“Disdik harus bisa menjamin pelaksanaan UNBK di Sintang berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan apapun,” tegas Herimaturida

Menurutnya, peran PT Telkom dan PLN sangat besar untuk memperlancar UNBK. Sehingga koordinasi atau kerjasama dengan keduanya sangat penting.

“Butuh jaminan dari pihak PT Telkom dan PLN supaya pada saat pelaksanaan UNBK tidak ada masalah,” tutup Herimaturida.

Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan, untuk mensukseskan UNBK di derah perlu dukungan dari kementrian Kominfo. Terkendalanya UNBK didaerah akibat belum memadainya jaringan internet.

“tidak hanya kementrian pendidikan, Kementrian Kominfo juga harus mendukung supaya internet di daerah stabil,” pungkasnya. (red)

__Terbit pada
29/05/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya