Sambut Ramadhan, Stok Telur dan Daging Segar di Sintang Aman

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Wiryono, menerangkan stok telur ayam dan daging sapi segar cukup untuk memenuhi kebutuhan bulan suci Ramadhan di Kabupaten Sintang.

Dia menerangkan dari hasil rapat pihaknya di Pontianak bebebrapa hari lalu. Kalbar mampu memproduksi 144.000 ton telur perharinya dari kota Singkawang.

“Stok itu cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kalbar. Sementara kebutuhan telur ayam di Sintang selama bulan juni hanya 450 ton saja.” kata Wiryono, saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (15/05/2018)

Dija juga menyampaikan, kebutuhan daging sapi segar di Kalbar mencapai 1600 ekor. Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi tersebut, sudah mendatangkan stok dari Madura dan Kalimantan Tengah.

“Sementara kebutuhan daging sapi segar di Sintang mencapai 450 ekor pada bulan juni 2018 ini. Stok sapi lokal hanya tersedia 115 ekor, sisanya didatangkan dari Kalimantan tengah,” kata Wiryono.

Jaminan ketersediaan stok ini kata Wiryono untuk menekan lonjakan harga telur dan daging sapi segar pada saat bulan suci ramadhan di Kabupaten Sintang, pasalnya pada hari besar keagamaan tersebut, permintaan meningkat.

“Jadi ketersedian telur dan daging sapi segar dalam rangka menyambut bulamnsuci ramadhan di Sintang tidak ada masalah,” timpalnya.

Kendatati demikian, ketersediaan ayam broiler  di Kalbar dan di Sintang cukup mengkhawatirkan,  pasalnya tidak ada peningkatan jumlah produksi.

“Sebenarnya stok ayam potong masih sama dengan tahun sebelumnya, namun dikhawatirkan ada peningkatan permintaan,” katanya. (mo)

__Terbit pada
15/05/2018
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya