Dewan Dorong Percepatan Listrik Masuk Desa

Anggota DPRD Sintang, Kusnadi. FOTO: TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sejumlah Desa di Kabupaten Sintang belum mendapat penerangan  pelayanan listik Negara  meskipun salah satu mesin pembangkit tenaga uap berkapasitas 7 mega sudah beroperasi.

Anggota DPRD Sintang Kusnadi mengatakan di deerah Sepauk masih ada desa yang belum teraliri listrik padahal jaraknya dari tiang terakhir tidak jauh. Di Desa kemantan kecamatan sepauk, 3 dusun di desa ini sudah teraliri listrik.

“ada satu dusun yang belum teraliri listrik padahal jaraknya tidak jauh,” kata Kusnadi.

Kusnadi medorong pemerintah segera merealisasikan listrik masuk desa, sebab listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Bilamana tidak memungkinkan listrik PLN, Pemerintah perlu mencari alternatif lain untuk menyediakan listrik bagi masarakat di desa

“karena belum ada lstrik masyarakat meresa belum merdeka,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan penerangan di Desa, masyarakat secara pribadi menggunakan mesin lampu baik dompeng atau genset. Namun penggunaannya terbatas pasalnya memkain biaya operasional yang besar.

“nyalakan mesin lampu beberapa saat saja sudah habis banyak bahan bakar minyak, belum lagi harga minyak mahal,” bebernya.

Selain memakan biaya operional yang tinggi, mesin lampu pribadi ini juga tidak dapat dinyalakan hingga 24 jam.

“ada resiko tidak aman juga kabit tegangan yang tidak stabil,’” pengkasnya. (red)

__Terbit pada
11/05/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya