Vaksin Polio Kosong, Dewan Minta Dinkes Proaktif

Anggota DPRD Sintang, Abdurrazak. (Dok. Timots)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan sejak dua bulan terakhir ini, sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar, tidak memiliki vaksin polio. Hal ini kata Sinto dikarenakan keterlambatan pengiriman dari Pusat.

Pihaknya kata Sinto telah menghubungi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar terkait kekosongan vaksin polio tersebut. Diperkirakan, dalam minggu  ini vaksin untuk mengantisipasi penyakit polio itu sudah sampai dan siap dibagikan ke bayi-bayi di Bumi Senentang.

“Kami tinggal menunggu saja ini. Semoga saja bisa segera sampai dan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan,”ujar Sinto, kamis (10/05/2018).

Terpisah, Anggota DPRD Sintang, Abdurrazak menyayangkan kekosongan vaksin untuk bayi ini. Menurutnya, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Dinkes bisa mengambil langkah cepat.

“Saya minta Dinkes lebih proaktif menanyakan keberlanjutan pengadaan vaksin polio, baik ke Pemprov Kalbar maupun Pusat,” kata Abdurrazak.

Politisi Gokar ini meminta agar masyarakat tidak mencari solusi alternatif dengan menggunakan vaksin di luar Puskesmas, Posyandu atau melalui jalur tidak resmi.

“Jangan sampai menggunakan vaksin di luar ketentuan, karena dikhawatirkan muncul masalah kesehatan baru lagi,” tegasnya.(red)

__Terbit pada
10/05/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya