Dewan Dorong Pemkab Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida. FOTO:TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida mengatakan di kabupaten Sintang banyak guru yang sudah bertahun-tahun mengabdi namun masih berstatu non Pegawai Negeri Sipil (PNS), dampaknya para pahlawan tanpa tanda jasa ini tidak sejahtera.

“mengajar dengan status honor itu gajinya tidak seberapa namun mereka tetap bertahan. Kita tentu  sangat berterima kasih atas kegigihan mereka,” kata Herimaturida, Rabu (2/05/2018).

“ini salah satu problem  dunia pendidikan di Kaupaten Sintang, ada guru yang tetap mengajar meski dibayar dengan upah yang tidak sesuai,”  tambahnya.

Pihaknya terus berupaya mendorong pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru yang berstatus non PNS ini.

“kita terus mendorong pemerintah supaya guru bisa sejahtera namun tentu tidaklah mudah mengingat anggaran kita terbatas,” bebernya.

Politisi Gerindra ini menyesalkan, sampai saat ini Pemerintah Pusat (Pempus) masih memberlakukan penghentian sementara (moratorium) rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) guru, tanpa memikirkan nasib pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Keran pengangkatan guru menjadi ASN masih tertutup, padahal banyak dari mereka yang sudah mengabdi hingga puluhan tahun. “Terutama para guru yang mengajar di kawasan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T),” kesalnya.

“Setidakya dengan adanya pembukaan CPNS, mereka punya kesempatan memanfaatkan untuk menjadi PNS,” pungkasnya. (red)

__Terbit pada
02/05/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya