Herimaturida : UNBK di Sintang Tak Bisa Berjalan Sukses Tanpa Dukungan Penuh Kominfo

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memang sudah berjalan sejak beberapa tahun belakangan. Kedati diklaim sukses dilaksanakan namun UNBK juga tak sedikit menyisakan berbagai persoalan terutama untuk sekolah-sekolah yang ada didaerah.

Mulai dari ketersedian perangkat komputer yang tidak semua sekolah memilikinya dalam jumlah cukup, listrik yang kadang tidak stabil hingga permasalahan jaringan.

Hal itulah yang menjadi perhatian Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida. Menurutnya jika pemerintah ingin mensukseskan UNBK di Kabupaten Sintang maka pihak Kominfo harus bisa menjamin jaringan internet bisa lancar dan mampu menjangkau hingga kedaerah-daerah.

“Sekolah yang bisa melaksanakan UNBK di Sintang baru sedikit, salah satu kendala UNBK tidak dapat dilaksanakan di daerah dikarenakan jaringan internet yang tidak memadai,” ujarnya, Senin (23/04/2018)

Kendati demikian, Heri mengatakan bahwa pelaksaan UNBK sudah bagus dan sesuai kebutuhan serta tuntuntan jaman karena itu pihaknya mendukung penuh pelaksanaan UNBK. Namun setiap kebijakan kata Heri tentu perlu dukungan yang memadai bagi upaya merealisasikannya.

“Namun kebijakan ini perlu dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang maupun Pemerintah Pusat (Pempus) agar dapat membantu mempersiapkan sarana dan prasarana pelaksanaan UNBK, khususnya jaringan internet,” pintanya

Dijelaskan Heri bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Sintang telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk masalah pelaksanaan UNBK ini terutama untuk daerah-daerah pedalaman seperti Kecamatan Ketungau yang berada di perbatasan serta Kecamatan Ambalau dan Serawai agar dibangun tower jaringan internet.

“Sudah ada koordinasi, kita harapkan daerah-daerah seperti Ambalau, Serawai dan juga Ketugau bisa dibangun jaringan internet untuk memudahkan pelaksaan UNBK ini,” tandasnya (red)

 

 

 

__Terbit pada
24/04/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya