Dewan Sintang Harapkan Perimaaan Calon Polri Bebas Pungli

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sintang, Hermanto

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang,Hermanto berharap tidak ada praktik pungli dalam proses penerimaan calon Bintara dan Tamtama di Polres Sintang. Hal ini menyusul telah diumumkankannya Hasil Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Sub Panda Polres Sintang. Hasilnya sebanyak 446 peserta Calon Bintara dan Tamtama Polri dinyatakan lolos seleksi tahap awal ini.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono sendiri telah menjamin bahwa penerimaan calon anggota Polri dijajaran Polda Kalbar bebas dari Pungli, jika ada Polda memastikan oknum yang bermain akan ditindak tegas.

Hermanto mengapresiasi pernyataan Kapolda. Dia berharap komitmen itu bisa menjadi jaminan jika penerimaan anggota baru dijajaran Polda Kalbar bersih dari praktik Pungli

“Tentu Saya pribadi sangat mengapresiasi hal ini. Dengan tanpa Pungli, akan memberikan kesempatan pada semua generasi muda untuk turut serta berkompetensi menjadi Calon Anggota Polri,” ujar Hermanto, Jumat (20/04/2018).

Tidak adanya pungli kataHermanto bukan saja memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda dalam seleksi penerimaan Calon Anggota Polri 2018 melainkan juga akan berdampak pada dihasilkannya lulusan Polri yang bersih sehingga benar-benar siap menjadi pelayan dan pengayom masyarakat kedepan.

“Selama ini memang santer bahwa agar bisa menjadi Polisi maka harus mengeluarkan uang sekian, meskipun tanpa bukti nyata, itu sangat disayangkan. Apalagi Sintang pertama kalinya ditetapkan sebagai sub panitia daerah penerimaan Anggota Polri untuk empat kabupaten, tentu ini harus menjadi citra baik bagi Polri itu sendiri,” ucapnya

Upaya pemberantasan Pungli lanjutnya tentu membutuhkan keterlibatan banyak pihak. Jika masyarakat sudah sepakat menolak Pungli maka artinya menjadi jaminan untuk membagun Indonesia menjadi lebih baik, bersih dan transparan.

“Jika selalu Pungli, maka akan terus begitu. Citra bangsa pun akan jelek karena adanya Pungli tersebut. Mari kita bersama Sapu Bersih Pungutan Liar dari semua lini. Jadikan daerah kita menjadi daerah yang benar-benar bersih,” tandasnya (nn/red)

__Terbit pada
20/04/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya