Puluhan Pelajar di Sintang Ikuti Seleksi Beasiswa Kedokteran di Balai Praja

Dibuka Bupati Sintang, Pemkab Sintang Buka Beasiswa Untuk Kedokteran Untan Pontianak

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH membuka acara seleksi penerimaan mahasiswa program studi pendidikan kedokteran Universitas Tanjung Pura Pontianak, jalur beasiswa pemerintah Kabupaten Sintang tahu 2018  di Balai Praja kompleks Kantor Bupati Sintang, Selasa (3/4/2018).

Ketua Panitia Seleksi, Drs. Mislan mengatakan,para peserta yang ikut seleksi tes tertulis ini adalah para pelajar yang lulus seleksi administrasi. Dari seleksi tulis ini akan diambil 10 orang yang dapat melanjutkan ke seleksi tahap dua, di Pontianak.

“hari ini. kita menyeleksi putra-putri terbaik Sintang untuk menjadi mahasiswa prodi kedokteran di Untan. Seleksi ini bersifat terbuka, transparan dan objektif,” ,” kata Mislan.

Dia menerangkan proses seleksi ini, dipantau dari dinas terkait dan DPRD Kabupaten Sintang. Sedikitnya Ada 89 orang peserta seleksi yang hadir dalam acara ini. Mereka merupakan  pelajar utusan dari 18 SMA/MA dari 37 sekolah yang ada di Kabupaten Sintang.

’ Ada 3 siswa dari SMAN 1 Serawai. Dari jalur Ketungau diwakili oleh 10 orang siswa-siswi SMAN 1 Ketungau Tengah. Dari bagian Sepauk dan Tempunak juga cukup banyak yang ikut berkompetisi dalam seleksi ini, 12 orang siswa. Ada 5 sekolah swasta yang juga ikut berpartisipasi, MAN Sintang, SMA Panca Setya, SMAK Imanuel, MA Al-Ma’arif dan SMA Muhammadiyah.,” paparnya.

“Ada sekolah yang tidak ada jurusan IPA dan mungkin siswa dan siswinya kurang berminat untuk ikut,” pungkas Mislan

Sementara Bupati Sintang, Jarot mengatakan, kedokteran adalan profesi yang langka. Dokter adalah simbol harapan bagi umat manusia disisi lain dokter itu manusia biasa.

“Kalian adalah putra-putri terbaik dari 18 sekolah dan putra-putri terbaik Sintang. Kalau nanti lolos atau tidak lolos jangan kecewa, biasa-biasa saja, ya,” pesan Jarot.

Seleksi ini kata Bupati, hanyalah salah satu dar tiga jalur bentuk peran pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Sintang. Pemda Sintang juga menyediakan beasiswa di bidang lain, ada 15 kuota di Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian. Ada jg 6 kuota di Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida mengatakan pihaknya menyambut baik upaya Pemkab Sintang memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar di Sintang untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Sekolah untuk mengemban Profesi dokter tidaklah mudah dan tidak mudah, pemberian beasiswa ini adalah bentuk perhatian pemerintah kabupaten Sintang dan kita sangat menyambut baik, dan sangat mendukung ” katanya.

Politisi Gerindra ini menilai, atusias pelajar Sintang sungguh luar biasa, hal ini dibuktikan banyak pelajar dari bebagai SMA sederajat  yang mengikuti proses seleksi ini.

“Tadi kita sudah memonitoring secara langsung, Disini mereka bersaing secara ketat untuk memperebutkan kuota yang terbatas, mereka yang menentukan dirinya layak atau tidak,” tuturnya. (Mo/red)

__Terbit pada
03/04/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang