Dewan Minta Investor Informasikan Realisasi CSR

Anggota DPRD Sintang, K Daniel Banai. TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota DPRD Kabupaten Sintang, K Daniel Banai menyarakan kepada pihak investor perkebunan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang agar transparan dalam merealisasikan corporate responsibility social  (CSR), Hal ini dimaksudkan supaya masyarakat mengetahui  bahwa pihak investor sudah menjalakan kewajibannya.

“Paling tidak sampaikanlah kepada masyarakat mengenai realisasi CSR, gunakan alat peraga sepeti baliho, atau plang nama, supaya masyarakat tahu perusahan mana yang telah merealisasikan CSR,” Kata Daniel saat dijumpai di DPRD, Rabu (21/03/2018)

Dikatakanya, bahwa investor punya kewajiban membantu pemerintah dalam membangun daerah melalui CSR. Seperti perawatan infrastruktur jalan di areal perkebunan.  Baru-baru ini Penanganan titik  ruas jalan rusak dari Temanang menuju Dusun Mangkak yang dikeluhan masyarakat di Sepauk , sebagian sudah dilakukan oleh perusahaan.

“Di Sepauk Hulu ada enam perusahaan perkebunan yang punya tanggungjawab memelihara jalan, misalnya salah satu perusahaan sudah menjalankan kewajibannya. Dikarenakan tidak ada informasi tadi masyarakat tidak tahu siapa yang sudah memperbaiki jalan, maka transparansi harus dilakukan sebagai wujud kemonikasi dengan masryarakat,” pungkasnya.

Senada dengan Daniel, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, Sudianto juga menyarankan agar dalam merealisasikan CSR, perusahaan harus ada komunikasi dengan masyarakat dan Pemkab Sintang. hal ini penting supaya tidak terjadi tumpang tindih terkait proyek yang dikomodir pemerintah melalui dana Kabupaten ataupun ADD.

“Perusahaan harus lagak sedikitlah. Kalau sudah jalankan kewajiba,  buat pang nama pengumuman yang besar. Biar masyarakat tahu dan tidak protes kepada perusahaan,” tukasnya.

Sudianto juga mengatakan pihknya sudah mem bentuk Satgas Perijinan,” Kalau ada hambatan dalam mengurus ijin, lapor satgas. Kalau serius berusaha, ijin akan kita permudah,” terang Sudianto. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top