Askiman Hadiri Natal Bersama Keluarga Besar Disdikbud Sintang

Wakil bupati Sintang, Drs. Askiman, MM menghadiri acara natal bersama keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang yang digelar di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Kamis (11/1/2018).
Sebuah tarian multi etnis yang dipersembahkan oleh siswi-siswi SMKN 1 Sintang membuka acara natal bersama keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. Kegiatan ini mengusung sub tema, ‘dengan semangat Natal kita tingkatkan kebersamaan membangun anak negeri’.
Tarian yang gemulai tersebut dilanjutkan dengan paduan suara yang mendayu-dayu dari SMK Budi Luhur Sintang. ada juga atraksi drama musikal dari siswa-siswi SDK Panca Setya 1 Sintang. bahkan jajaran staf Disdikbud menampilkan sebuah paduan suara yang syair lagunya digubah untuk mengucapkan selamat natal kepada semua jajaran pendidikan di Kabupaten Sintang.
Berbagai atraksi seni ini meramaikan acara Natal di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang pagi itu. acara ini dihadiri lebih dari 500 orang staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan guru-guru serta siswa-siswi dari berabgai sekolah yang ada di Kota Sintang, juga beberapa guru-guru dari luar kota.
Askiman mengulas mengenai tema natal yang mengingatkan kita pada pribadi yang lama telah ditinggal dan jadi pribadi yang baru di tahun yang baru.
“hendaklah kita mampu meneruskan rasa kedamaian, suka cita dan kejahteraan kepada keluarga, tetangga dan masyarakat sehingga menajdi suatu ikatan yang utuh,” kata Askiman. “Kalau kita memiliki rasa damai, tentu rasa negatif lainnya akan tersingkir, jadilah kita pribadi yang panjang sabar apabila damai kristus yang sudah memerintah dalam hati kita saya yakin damai sukacita akan hadir di diri kita,” tambahnya.
Pada kesempatan ini, Askiman mengingatkan bahwa Disdikbud adalah indikator dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Askiman mengharapkan Disdikbud dapat membentuk suatu keluarga besar pendidik yang penuh rasa kekeluargaan dan keharmonisan.
“Kita harus mencerdaskan anak-anak bangsa di kabupaten sintang menjadi anak –anak yang memiliki masa depan yang luar biasa,” kata Askiman. “Saya meminta kepada semua, mati kita tunjukkan diri kita menjadi sebuah teladan bagi anak didik kita. Sebagaimana kita ketahui anak-anak menghadapi tantangan yang sangat besar, narkoba, pergaulan bebas. kalau anak didik kita mengalami hal negatif, ini menjadi bentuk kegagalan kita sebagai pendidik dan orang tua. Kita hendaknya memiliki tanggung jawab besar utnuk mengenndalikan situasi ini,” tegas Askiman.
“Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi ini mengingatkan dan mengikat kita dengan tali silahturahim sehingga membentuk rasa kekeluargaan
yang luar biasa dalam bingkai keluarga besar dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten sintang,” pungkas Askiman.
Lindra Azmar, selaku kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan harapannya semoga pesan natal ini membawa berkah dalam melakukan amanah mengemban tugas memajukan pendidikan di Kab sintang. Kemajuan dalam bidang pendidikan menjadi icon pembangunan di kabupaten sintang. hal tersebut untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas, kondisi ini menimbulkan konsekuensi berupa tata kelola dinas pendidikan dan kebudayaan beserta seluruh jajarannya hingga di pelosok negeri.
“Untuk dapat menjadi ujung tombak pembangunan, Disdikbud membutuhkan sdm yang ebrkualitas, aspek jumlah dan kualitas serta sebaran harus mencukupi,” kata Lindra. “terbangunnya sistem dan tata kelola pendidikan yang profesional dan akuntabel juga Pengelolaan anggaran pendidikan yang efektif dan efisien serta optimal,” tambahnya.
“Hal-hal tersebut sedang terus ktia wujudkan, kita berusaha bersinergi dengan perangkat daerah lain yang terkait,” kata Lindra. “saya mengajak semua bekerja lebih cermat, terukur dan lebih maksimal sehingga kualitas pendidikan di wilayah kita semakin jadi lebih baik,”pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten III Setda Sintang, Marchus Afen yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. tampak pula, sejumlah tokoh agama serta unsur forkopimda di lingkungan kabupaten Sintang.
Perayaan natal yang meriah tidak hanya memberikan kesenangan sesaat, diharapkan dapat untuk seterusnya juga menebar harapan-harapan baik bagi banyak pihak. Termasuk pada saat perayaan Natal keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Kamis (11/1/2017).
Agusnani salah seorang guru yang juga sekaligus Kepala Sekolah SDN 14 Mengkurai menyampaikan harapannya supaya ada kemajuan yang lebih daripada tahun sebelumnya di lingkungan Disdikbud sintang. Menurutnya kemajuan itu hendaknya terjadi di berbagai aspek. “kemajuannya baik itu dari segi para pendidik maupun dari segi pemerintahnya,” kata Agus. “Jadi jangan hanya menuntut para pendidik supaya aktif di dalam mencerdaskan anak bangsa namun dari pemerintah juga memperhatikan dari segala bidang dari segala sisi pendidikan,” tambahnya.
Wanita berkerudung itu juga menambahkan, “karena terlalu banyak kendala bagi para pendidik seperti di kejar-kejar, tidak sih mempermasalahkan tentang tuntutan kemajuan namun kita harus melihat segala sisi, jangan hanya berorientasi pada sekolah yang sudah lengkap yang ada di perkotaan berorientasi juga dengan segala keterbasan sarana prasarana, tenaga pendidik dan di pedalaman, pemerintah juga bisa memperhatikan hal-hal tersebut,” tambah Agus.
Pastor pranoto dan pendeta Aki selaku tokoh Agama, mengharapkan Disdikbud menjadi garda terdepan dalam menjadi contoh dalam hal kedisiplinan.
“karena sebagai anggota masyarakat disiplin dan juga tentu melaksanakan agamanya dengan baik,” kata pastor Pranoto. “Pasti orang itu akan ada cinta kasih, damai dengan demikian warga masyarakat sintang juga akan lebih baik,” tambahnya.
“Guru itu figur itu tokoh yang ditiru oleh muridnya karena itu dia harus menjadi teladan iman dalam kehidupannya sehingga akan melahirkn anak didik yang beriman pula,” tambah Pendeta Aki.

__Terbit pada
12/01/2018
__Kategori
Sintang