Jelang Natal, Polisi Tingkatkan Upaya Pencegahan Terhadap Tindak Kejahatan

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, di Kabupaten Sintang, Jajaran Polres Sintang terus meningkatkan tindakan pencegahan dalam menciptakan situasi aman serta kondusif.

Kapolres Sintang melalui Paur Subbag Humas Polres Sintang Iptu Hariyanto mengatakan Polres Sintang beserta satuanya  gencar melakukan tindakan kepolisian terkait mengantisipasi aksi kejahatan. Tindakan pencegahan dilakukan agar menekan potensi-potensi terjadinya tindak kejahatan di lapangan.

“Kita gencar lakukan upaya pencegahan, preemtif dan preventif. Memaksimalkan patroli, peran Babinkamtibmas, pengamanan kegiatan masyarakat  dan lainnya. Sehingga polisi bekerja maksimal, masyarakatnya juga berperan aktif,” ujarnya, Jumat (19/12/2017).

Dikatakan nya, personil polisi juga melaksanakan pengamanan di tempat-tempat vital, seperti SPBU dan ATM, serta mengecek kenaikan harga dan ketersedian stok kebutuhan pokok di pasaran jelang hari raya.

“ini untuk mencegah adanya penimbunan BBM, menjamin masyarakat melakukan transaksi via ATM dengan aman dan nyaman seta untuk mencegah niat para pedagang bertindak nakal dengan menaikan harga diatas standar,” bebernya.

Pada hari Senin (18/12/2017) kemarin Kepolisian Sektor Ketungau Hulu yang notabennya wilayah hukumnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia juga gencar melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan masuk ke wilayah hukum Polsek Ketungau Hulu

Kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak Polsek Ketungau Hulu pada pukul 09.00 wib hingga pukul 16.00 wib di jalan lintas Senaning-Balai Karangan tepatnya di  pintas Keladan Kecamatan Ketungau Hulu dengan tujuan umtuk mencegah masuknya barang-barang illegal dari Malaysia melalui jalur Entikong-Balai Karangan – Senaning maupun melalui jalur jalan tikus atau jalan pintas.

Selain mencegah masuknya barang-barang illegal dari Malaysia ke wilayah hukum Polsek Ketungau Hulu,kegiatan tersebut bertujuan menekan kejahatan lain seperti  Narkoba, Perdagangan Manusia maupun kejahatan lainnya yang mungkin akan terjadi di wilayah perbatasan NKRI – MALAYSIA.

“Kami lakukan upaya cipta kondusif, sehingga jelang hari raya natal bibit  gangguan keamanan terminimalisir,” ujarnya lagi. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top