Tingkatkan Pengetahuan, PKK Sekadau Belajar Ke PKK Wonosobo Jateng

WONOSOBO-SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]-Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam pengembangan organisasi PKK di daerah secara baik dan berkesinambungan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau melakukan study banding ( pembelajaran ) ke Tim Penggerak PKK Wonosobo Jawa Tengah yang dimulai sejak tanggal (14 – 17 / 9 / 17).

Kunjungan tim penggerak PKK Kabupaten Sekadau yang berjumlah 16 orang ini, disambut hangat oleh pengurus PKK Wonosobo.

Study banding PKK Kabupaten Sekadau di TP PKK Wonosbo ini dipimpin langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus S.Pd M.Si dan Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius A.Md.

Kedatangan rombongan PKK Kabupaten Sekadau dijemput langsung oleh PKK Wonosobo dengan menggunakan 1 bus mini dan 1 kijang innova.

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonosobo ditempuh dengan waktu selama kurang lebih 3 jam. Sesampainya di Wonosobo, rombongan tim PKK diarahkan oleh tim PKK Wonosobo menuju penginapan The Cabin Tanjung Hotel untuk beristirahat sejenak.

Kedatangan rombongan TP PKK Sekadau di Pendopo Wakil Bupati disambut dengan ramah oleh ibu wakil bupati Wonosobo, Ny. Sudarti Heru Sudjatmoko beserta pengurus dan anggota TP PKK wonosobo.

Kegiatan ramah tamah  dan makan malam bersama ini dirangkai dengan acara seremonial. Ny. Sudarti mengucapkan selamat datang dan menyampaikan permohonan maaf dari ibu ketua TP PKK wonosobo, Ny. Fairuz eko purnomo yang tak bisa ikut mendampingi rombongan TP PKK kabupaten Sekadau karena berhalangan.

” karena dalam waktu yang bersamaan, ada kegiatan kunjungan kerja bupati ke luar negeri ( ke korea ). Jadi, ibu bupati ikut ke korea “. Papar Ny.Sudarti.

Begitu pula dengan Ketua TP PKK Sekadau Ny. Kristina Rupinus menyampaikan terimakasih kepada TP PKK Wonosobo yang telah berkenan menerima kunjungan PKK Sekadau.

Disampaikan Kristina, tujuan kunjungan di PKK Wonosobo yakni ingin bersilaturahmi, belajar, bertukar pikiran, pengalaman dan membuka wawasan untuk pengembangan PKK di daerah kabupaten Sekadau.

Acara ramah tamah ini juga dirangkai dengan acara tukar cendramata. Dalam hal tukar cindera mata itu, PKK Sekadau memberikan batik taji sempidan, anyaman dari kerajinan bambu dan rotan khas Sekadau kepada PKK Wonosobo.

Usai penyerahan cindera mata kedua keluarga besar PKK ini menuju penginapan masing-masing untuk istirahat malam.

Kunjungan hari ke 2 ( 15/9/17 ), rombongan PKK Sekadau diarahkan menuju sekretariat TP PKK wonosobo.

PKK Sekadau diajak untuk melihat dan mengamati, berbincang-bincang seputar administrasi dan kegiatan masing-masing pokja.

Setelah dari sekretariat PKK Wonosobo, PKK Sekadau diajak untuk melakukan perjalanan menuju desa percontohan hatinya pkk dan kelompok dasawisma di desa wulung sari kecamatan  selomerto, wonosobo.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, Sesampainya di desa wulungsari di sambut dengan ramah oleh ketua TP PKK desa wulung sari beserta anggotanya.

PKK Sekadau diajak Keliling-keliling desa meninjau hatinya PKK. Apa yang menjadi kesan menarik bagi Ketua dan Wakil Ketua PKK Sekadau saat berada di hatinya PKK Wonosobo? Menurut kedua ibu ramah ini, halamannya teratur indah dan nyaman.

“Dengan kelompok dasawisma yang luar biasa, kami menemukan surga  hatinya pkk hal ini karena seluruh warga dalam satu kampung telah menyadari sepenuhnya pemanfaatan halaman  utk menunjang perekonomian keluarga “. Tutur Ny. Kristina dan Ny. Vixtima Heri Supriyanti penuh takjub.

Begitu setelah selesai dari desa wulungsari rombongan di bawa ke perkebunan teh milik PT. Tambi.

Disana di sambut juga oleh manager perusahaan. Rombongan PKK Sekadau dan PKK Wonosobo diberi penjelasan tentang teh dan cara penyeduhan serta cara konsumsi teh yang benar dan baik untuk kesehatan.

Didampingi staff perusahaan, rombongan PKK Sekadau diajak melihat kebun teh yang luasnya mencapai 860 hektar.

Kebun teh ini terletak di lereng gunung sindoro dan merupakan peninggalan zaman belanda yang sampai saat ini masih dikelola oleh sebuah perusahaan milik pemerintah.

“Sungguh ada banyak hal menarik yang kita jumpai, yang kita dapat selama berkunjungan bersama PKK Kabupaten Wonosobo. Semoga pembelajaran yang indah dan luar biasa ini, bisa juga kita aplikasikan secara perlahan di daerah kita. Sekali lagi terima kasih kami ucapkan atas kebaikan PKK Wonosobo yang telah menerima kami dengan ramah “. Terang ibu yang pernah berprofesi sebagai guru ini. ( Herman )

__Terbit pada
17/09/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya