Pantau Banjir, Askiman : Jangan Biarkan Drainase Tersumbat

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM meninjau kondisi Jalan Cadika Sintang kota yang tergenang air akibat dari intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa waktu terakhir di kabupaten Sintang.

Askiman mengatakan kondisi drainase di jalan cadika pada awalnya dulu sudah cukup bagus namun kebersihan drainase sudah tidak terawat karena adanya tumbukan sampah yang meyumbat aliran air di jalur drainase.

“yang perlu menjadi perhatian kita bersama masyarakat jangan mengabaikan kebersihan dan harus merawat kebersihan drainase baik di jalan cadika maupun di lokasi lain seperti gang damai masuk ke gang sehat segala macam banyak drainasae dibangun dengan kapasitas besar itu di bendung orang untuk kolam ikan, salah satu menjadi faktor penyumbatan, contoh ni di sekitaran drainase jalan cadika segala sampah kotorang di buang ke drainase”ungkap askiman.

Askiman menjelaskan untuk drainase di kawasan jalan cadikan tersebut sudah ada tiga saluran pembuangan yakni ke jalur darul najjah, tembus ke arah baning dan tembus ke arah stadion baning Sintang, namun penghubung pembuangan yang ke arah stadion maupun baning di manfaatkan untuk keperluan lain sehingga menjadi salah satu faktir penyumbat aliran drainase”jelas askiman.

Melihat kondis sejumlah drainase yang mengalami penyumbatan tersebut, askiman menegaskan hal tersebut akan di tangani oleh dinas pekerja umum kabupaten Sintang dan perkim. “ saya minta nanti untuk di lakukan surve secara total khusunya drainase primer untuk saluran pembuang, semuanya yang koto dan terseumbat kita bersihkan, yang memang di perlukan untuk di buka akses drainase baru itu memang perlu untuk kita lakukan lagi”tegas askiman.

Sementara itu di perempatan jalan cadika dan jalan oevang oeray berdasarkan diskusi dengan dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Sintang saat peninjauan tersebut akan di buka satu gorong gorong di tembuskan ke penghujung kawasan stadion dengan drainase yang lebih besar sehingga untuk kebutuhan resapan air yang ada di kawasan itu akan lebih cepat”tambah askiman.

Askiman menghimbau seluruh masyrakat kabupaten Sintang untuk selalu berhati hati karena memang kondisi curah hujan saat ini cukup tinggi terutama bagi masyarakat yang tinggal di tepian sungai agar selalu menjaga anak anaknya dan dirinya juga menghimbau agar selalu menyediakan peralatan atau perlengkapan keamaman untuk antisipasi banjir tiba serta jika ada persoalan yang mendesak akibat dari pada extremenya curah hujan ini bahkan hingga banjir melanda masyarakat harus segera menyampaikan kepada BPBD kabupaten Sintang agar dapat di tindak lanjuti.

Askiman mengharapakan kapada seluruh camat, kades dan lurah agar segera membuat laporan perkembangan kondisi dan situasi terkini banjir saat ini agar pemerintah daerah cepat memberikan bantuannya”pinta askiman.

Sementara itu Sekeretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Zulkarnain mengatakan untuk masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di jalur drainase, hal itu menurutnya harus ada kesadaran dari masyarakat baik harus bergotong royong membersihkannya karena pemerintah tidak bisa hadir setiap saat harus ke saluran saluran drainase untuk membersihkannya juga.
“jangan buang sampah sembaranganlah untuk masyarakat, apa lagi di jalur drainase karena kalau banyak sampah pasti tersumbat, kita liat tadi sampah yang di angkat oleh truk kebersihan banyak sekali”

Zulkarnain menambahkan untuk pembuatan gorong gorong di perempatan jalan cadikan dan oevang oeray tersebut masih kita formatkan dan rapatkan dalam satu atau dua minggu ini bersama pihak terkait lainnya.

__Terbit pada
12/09/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya