Aloysius Berharap Program KB Memacu Percepatan Pembangunan

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]-Wakil Bupati Sekadau, Aloysius SH M.Si membuka kegiatan Pencanangan Bulan KB-KES Bhayangkara dan Pencanangan Kampung KB di Dusun Riam Panjang, Desa Nanga Kiungkang Kecamatan Nanga Taman, Selasa, (29/08/2017)

Kegiatan ini mengambil tema ‘Menuju keluarga sehat sejahtera dan berkualitas serta menuju Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri, dan berdaya saing’.

Dalam sambutan Bupati, , Aloysius SH meyampaikan bahwa program KB sangat erat kaitannya dengan pengendalian pertumbuhan penduduk. Dimana sasaran akhir program ini bukan hanya jumlah anak, akan tetapi juga mewujudkan program keluarga kecil sehat bahagia dan sejahtera.

Masalah kependudukan kata dia mempunyai aplikasi yang luas terhadap perubahan sosial di segala bidang. Seperti pendidikan, tenaga kerja, kesehatan, sandang pangan yang juga dapat berpengaruh pada pembangunan baik di tingkat Kabupaten sampai Nasional.

“kegiatan ini dalam meningkatkan program KB yang tentunya harus melibatkan peran aktif semua pihak, salah satunya kemitraan dengan Polri,”  ucap Aloysius.

Aloysius  berharap program ini dapat membantu percepatan pembangunan didesa dari berbagai sektor, baik infrastuktur, pendidikan, kesehatan, KB, kependudukan dan pembanguan keluarga terutama revolusi mental bagi anak anak.

” Karena anak anak merupakan generasi penerus bangsa “. tandasnya..

Begitu pula dengan sambutan Kapolda yang dibacakan oleh Kapolres Sekadau, AKBP. Yury Nurhidayat SIK MH. Dia  menyampaikan ucapan terimakasih kepada BKKBN perwakilan Kalimantan Barat yang telah konsisten mengimplementasikan kesepakatan bersama antara Polri dan BKKBN dimana pihak BKKBN memfasilitasi alat dan obat pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi pelatihan bagi kader dan pengelolaan program pembinaan ketahanan keluarga.

“Tentunya kesepakatan bersama tersebut direspon secara positif oleh jajaran Polri dan PNS dengan menyiapkan personil sebagai kader dan pengelola program pembinaan ketahanan keluarga,” bebernya.

Kepolisian sangat peduli terhadap kualitas keluarga Karena keluarga yang sehat, keluarga yang cerdas, keluarga yang sejahtera, keluarga yang maju dan keluarga yang mandiri akan terimplikasikan terhadap perilaku yang bersangkutan untuk tidak melakukan pelanggaran hukum dan tindakan pidana.

” Perilaku yang menyimpang sangat di pengaruhi banyak hal, satu diantaranya adalah keluarga yang tidak berkualitas. Oleh karena itu, pihak kepolisian merespon positif kerjasama antara Polda Kalbar dengan BKKBN Kalbar”, ujar Kapolres Sekadau.

Kapolres juga mengatakan kegiatan KB KES Bhayangkara tahun ini tidak hanya fokus pada program KB dan kesehatan tetapi juga bagaimana menyiapkan generasi berencana agar kedepannya mereka memiliki masa depan yang lebih baik dan berkualitas.

Kapolres juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini kualitas pelaksananya semakin baik dan pesertanya semakin banyak, keluhan semakin sedikit, serta pelayanan yang di berikan kepada masyarakat semakin prima sehingga apa yang menjadi tujuan utama dan harapan bersama dapat terrealisasikan.

“Untuk mencapai harapan bersama perlu kerja keras kita semua, termasuk dari jajaran kepolisian mulai tingkat Polda sampai tingkat Polsek atau desa atau kelurahan melalui para BhabinKantibmas “. Harap AKBP. Yury Nurhidayat SIK SH.

Hal senada juga disampaikan Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kalimantan barat  sangat tinggi angka nikah usia dini.

” nikah bukan di usia nikah, tapi nikah diusia masih muda “. Katanya.

Kusmana menambahkan, banyak sekali dampak nikah usia dini. Salah satunya menjadikan keluarga yang tidak berkualitas, hal ini disebabkan nikah di usia dini tidak terencana dengan baik.

Ada berapa cara atau program untuk membantu mewujudkan keluarga yang berkualitas salah satunya jangan  menikah di usia dini.

” kegiatan KB KES BKKBN dan Bhayangkara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sumber daya masyarakat “. Tandas Kusuma. ( Herman / Humas protokol )

__Terbit pada
29/08/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya