Syahnan Tanjung: Jangan Selewengkan Dana Desa

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kepala Kejaksaan (Kajari) Negeri Sintang, Syahnan Tanjung  memberikan materi kepada peserta sosialisasi Dana Desa dan Peruntuknnya bertempat di Gedung Pancasila Sintang, Kamis (24/08/2017).
Sosialisasi yang melibatkan camat dan aparatur desa di kabupaten Sintang dan Melawi ini sebelumnya dibuka oleh Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim.

Syahnan Tanjung mengatakan saat ini Desa mendapat alokasi dana yang cukup besar untuk merealisasikan pembangunan di daerah dan mendukung kebijakan pemerintah pusat yakni membangun mulai dari pinggiran.

“Tujuan dana desa ini untuk mensejahterakan masyarakat, sosialiasi ini penting agar dana desa dikelola sesuai peruntukannya.” ujar Syahnan.

Sosialisasi ini kata dia bukan wadah untuk menggurui melainkan sebagai wadah pembinaan, dan pengawalan apalagi Dana Desa yang cukup besar berpotensi disalah gunakan.

“kalau tidak dikawal berpotensi penyimpangan karena tidak tahu,” kata Syahnan.

Lebih lanjut kata Syahnan, prinsip mengawal bukan untuk menakuti, melainkan untuk membimbing, “langkah awal kita gambarkan yang kita sebut sosialisasi,” tandasnya.

Syahnan berharap aparatur desa mampu mengelola dana desa dengan baik sesuai peruntukannya, sehingga visi dan misi pembangunan tercapai.

“Ingat dana desa untuk mensejahterakan masyarakat, bukan sanak famili, gunakan dana desa dengan baik, bangunlah daerah yang anda pimpin,” pesan Syahnan.

Dikatakan Syahnan dua tahun lalu ada aparatur desa yang harus berurusan dengan Kejaksaan Negeri Sintang terkait penyimpangan dana desa. Syahnan berharap hal semacam itu tidak terulang kembali.

“Jangan coba-coba, selewengkan dana desa , selewengkan sebesar Rp 500 ribu  saja berurusan dengan hukum,” pungkasnya. (Mo)

__Terbit pada
24/08/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya