AMAN Gelar Road Show Media Terkait Izin Hutan dan Lahan, Masyarakat Minta Pemkab Sekadau Perbaiki Akses Transportasi

SEKADAU [ www.mediakapuasraya.com] – Dalam rangka menggali informasi di lingkungan masyarakat adat, Aliansi Masyarakat Adat Nusantar ( AMAN ) kalbar gelar road show media terkait cegah izin lahan di lingkungan masyarakat Meragun yang bertempat dikantor Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, pada Kamis ( 10/08/2017).

Dalam penyampaiannya, Herkulanus Hendro Biro Infokom AMAN kalbar menyampaikan tujuan datangnya tim AMAN untuk mengetahui potensi hutan di Desa Meragun dan pemanfaatan hutan. Menurut Herkulanus Masyarakat di Desa Meragun telah menjaga kelestarian lingkungan baik hutan dan sekitarnya.

” Hutan itu nafas dan kehidupan masyarakat. Kalau hutan rusak, masyarakat tidak bisa menikmati hasilnya lagi,” terangnya.

“Hutan adalah titipan Tuhan, maka harus dijaga,” tambahnya.

Menyikapi hal tersebut, Rinto aswari Sekdes Meragun menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim AMAN. Menurutnya, Hutan selalu menjadi permasalahan dilingkungan masyarakat bila tidak dikelola dengan baik. Dikatakannya, Meragun merupakan salah satu desa yang bebas dari perkebunan sawit.

” kita sudah berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan hutan. Dengan datangnya AMAN, diharapkan bisa membantu pemetaan desa dan juga awak media bisa membantu terkait informasi “. Pintanya.

Begitu pula dengan Antonius Feber Suharja selaku ketua BPD menyampaikan apresiasi atas kedatangan Tim AMAN.Kedatangan rombongan ini diharapakan dapat memberi solusi yang baik kepada masyarakat dalam pelestarian hutan masyarakat adat di meragun.

” semoga kedatangan tim membawa angin segar untuk masyarakat. Karena, hutan kami saat ini masih asri dan banyak terdapat objek wisata, 9 kawasan perbukitan, 26 tembawang, tanah pemali, 5 sungai dan air terjun yang masih ASRi. Salah satunya Sirin Meragun sebagai sumber PDAM dan sumber PLTMH,” bebernya.

Dikatakannya, pelestarian hutan diwilayah meragun merupakan komitmen dan kesepakatan masyarakat.

” kita sudah komitmen dengan mengumpulkan tanda tangan dari masyarakat tentang penolakan perkebunan. Bahkan, program desa meragun akan menanam lada dan karet unggul “. Tambahnya.

Ia sangat berharap kepada pemerintah untuk segera mewujudkan harapan masyarakat yang mendambakan akan merealisasikan perbaikan akses transportasi yang layak karena hal itu juga telah dijanjikan para legislator saat berkampanye.

” kita minta pemkab dapat mewujudkan harapan masyarakat. Karena masyarakat sangat mendambakan akses yang layak. Apalagi, itu juga bagian dari janji kampanye,” harapnya. ( Herman/red)

__Terbit pada
11/08/2017
__Kategori
Sekadau