Komunitas Lalau Mualang Gelar Baksos Pelestarian Budaya

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com] –Komunitas Pemuda Mualang Peduli Budaya “Lalau Mualang” gelar bhakti sosial dengan Peserta sekumpulan anak muda yang saat ini kuliah di pontianak dan beberapa dari sintang yang masih peduli dan cinta budaya.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 2 – 6 Agustus 2017 difokuskan dengan bhakti sosial yang bertempat di ‘rumah panyai ‘ sungai Antu, kecamatan belitang hulu, Sekadau.

” Peserta kita adalah sekumpulan anak muda yang saat ini kuliah di pontianak dan beberapa juga teman teman dari sintang yang masih peduli dan cinta budaya dengan titik fokus pada baksos “. Ucap Robby.

Dalam bhakti sosialnya, komunitas ini melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari bersih-bersih lingkungan rumah panyai, membuat tong sampah, membuat plang nama bilik rumah panyai dan tanya jawab serta berinteraksi dengan tokoh-tokoh masyarakat terkait prospek pelestarian budaya.

Menurut Robby Hardiantus, ketua panitia pelaksana berharap kedepan masyarakat yang tinggal dirumah panyai untuk bisa memelihara kearifan lokal yang ada.

” ke depan, masyarakat yang tinggal di rumah panyai tersebut untuk bisa memelihara kearifan lokal dan budaya-budaya yang masih bisa di jaga dan dilestarikan “. Ucap Robby.

Ia juga berharap pihak pemerintah terus memberikan perhatian terhadap bangunan rumah panyai tersebut.

Menurutnya, rumah panyai tersebut adalah satu-satunya rumah panyai yang masih asli di daerah mualang, bahkan kabupaten Sekadau.

” kami akan trus membina dan belajar tentang budaya yang masih ada dari masyarakat rumah panyai sungai antu. Seperti mengayam, tari-tarian, ngajat (pencak silat) dan masih banyak yang lainnya “. Pungkasnya.

Panitia pelaksanaan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap donatur yang telah berpartisipasi dalam giat pelestarian budaya tersebut. Terutama kepada pemkab Sekadau yang selalu mensupport setiap kegiatan.

” Terimakasih Bapak Bupati Sekadau dan wakil Bupati Sekadau yang telah mensupport kegiatan kami. Bapak Benyamin Dermawan S.Sn sebagai pemerhati budaya yang tidak bosan-bosannya membimbing kami dalam menggali dan melestarikan budaya Mualang “. Tandas Joe sapaan akrabnya. ( Herman )

__Terbit pada
08/08/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya