Fraksi PKB  Minta Pemkab Perbaiki Infrastruktur

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dalam pandangan umum fraksi terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang Tahun 2016 dan Laporan realisasi Semester I dan Prognosis 6  (Enam) bulan berkutnya APBD Kabupaten Sintang tahun 2017, lebih fokus pada bidang infrastruktur. Fraksi ini menanyakan progres kelanjutan pembangunan jembatan mansik di Kecamatan Tempunak dan sejumlah infrastruktus jalan di daerah lainnya.

“kami minta pemerintah mengambil tindakan untuk perbaikan akses transportasi konstruksi jembatan di kilometer 51 jalan kayu lapis kecamatan sepauk, Pekerjaan Perkerasan Pada Ruas Jalan Ruas jalan Dari Desa Nanga Pari menuju Desa Lepat, dan Ruas Jalan di Desa Nanga Pari ke Dusun Silit Kecamatan Sepauk,” ujar Juru Bicara Fraksi PKB Mainar Puspasari dalam rapat paripurna ke-11 DPRD Sintang masa Persidangan II Tahun 2017, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sintang, Rabu (02/08/2017).

Pihaknya disampaikan mainar minta pemkab sintang melakukan penguatan tanah disekitar jembatan melawi yang terletak di RT. 05 RW. 02 kelurahan ladang (jalan Teuku Umar), pasalnya dikawan tersebut mengalami abrasi.

“kami minta juga alokasikan anggran untuk peningkatan jalan Baning Pantan dan Jalan Sungai Ana,” tambahnya.

Pihaknya kata Mainar juga menyampaikan saran agar pemerintah kabupaten Sintang mengevaluasi perusahan-perusahan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi melalui ruas jalan negara, untuk turut bertanggungjawab terhadap kondisi kerusakan jalan yang diakibatakan kendaraan operasional perusahaan,.

“jalan tersebut juga dilewati perusahaan maka kita minta perusahaan juga membantu pemerintah memeperbaiki dan menjaga jalan itu,” ujarnya.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan dari fraksi PKB mengatakan kelanjutan pembangunan jembatan mansik di kecamatan tempunak,di tahun anggran 2017 ini sedang ditangani menggunakan dana bantuan dari BNPB pusat.

“Terhadap alokasi dana peningkatan Jalan  Baning Pantai dan Jalan Sungai Ana, dapat kami sampaikan bahwa kegiatan tersebut  telah masuk dalam rencana kerja SKPD teknis yang menanganinya. Diupayakan alokasi penganggaran ruas jalan tersebut pada tahun anggaran 2018,” terang Bupati.

Sementara lanjut dia mengenai perbaikan akses transportasi konstruksi jembatan di kilometer 51 Jalan Kayu Lapis Kecamatan Sepauk, Pekerjaan Perkerasan Pada Ruas Jalan Ruas Jalan Dari Desa Nanga Pari Menuju Desa Lepat, dan Ruas Jalan di Desa Nanga Pari ke Dusun Silit Kecamatan Sepauk dapat di sampaikan bahwa untuk penanganan berbagai kegiatan tersebut, akan dilakukan inventarisir tingkat kerusakannya, dihitung kebutuhan anggaran serta akan dianalisis sehingga dapat diputuskan waktu dan skala prioritasnya.

“Terkait pembangunan sistem penguatan tanah disekitar jembatan melawi yang terletak di rt. 05 rw. 02 kelurahan ladang (jalan teuku umar), yang mengalami abrasi, dapat kami jelaskan bahwa untuk penanganan kegiatan tersebut akan dikonsultasikan dengan balai wilayah sungai kalimantan i kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat di pontianak. Karena penanganan tebing sungai-sungai besar yang ada di kalimantan barat merupakan kewenangan dari balai wilayah sungai kalimantan I,” terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Sintang sudah dan akan selalu mengingatkan, menyurati, mengundang dan melakukan persuasi kepada pihak perusahaan untuk ikut serta memperbaiki kerusakan jalan yang dilalui serta mendorong mereka untuk dapat mengalokasikan anggarannya melalui program CSR perusahaan.

“kita selalu koordinasikan,” ujarnya. (mo)

__Terbit pada
04/08/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya