Pandangan Umum Fraksi PDIP Terhadap Laporan Bupati

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sebagai partai yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Sintang, Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat kesempatan pertama menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang Tahun 2016 dan Laporan realisasi Semester I dan Prognosis 6  (Enam) bulan berkutnya APBD Kabupaten Sintang tahun 2017.

Pandangan umum fraksi ini disampaikan dalam rapat paripurna ke-11 DPRD Sintang masa Persidangan II Tahun 2017, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sintang, Rabu (02/08/2017).

Fraksi ini melalui juru bicaranya Tuah Mangasih menyampaikan sedikinya ada empat saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang. Diantaranya terkait dengan serapan aggaran Kabupaten Sintang yang masih redah.

“Minta kepada Bupati Sintang mempercepat penyerapan anggaran,” ujar Tuah Mangasih.

Hal lain pihanya juga meminta pemkab menggali Potensi PAD Kabupaten Sintang, pihaknya menilai pontensi ini belum tergali secara maksimal.

“kita juga minta kepada Pemkab Sintang mengambil langkah  dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Musim kemarau ini kita minta pemerintah mengimbau kepada masyarakat  supaya lebih waspada terjadap kebakaran hutan dan lahan,” bebernya.

Dari segi infrastruktur, fraksi ini juga meminta kepada Pemkab Sintang memperhatikan infrastruktur jalan yang rusak di kecamatan Sepauk.

“Minta kepada Pemerintah Kabupaten Sintang segera lakukan perbaikan jalan ruas Lengkenat-Sepauk, Tanjung Ria-Temiang Kapuas dan Jembatan Sungai Raya Kecamatan Sepauk yang kondisinya saat ini sudah rusak,” pinta Tuah Mangasih.

Menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan dari fraksi PDIP, Bupati Sintang menyampaikan pertama, Pemkab Sintang menyampaikan terima kasih terhadap saran fraksi PDI Perjuangan agar lebih memacu serapan anggaran belanja langsung pada enam bulan  berikutnya. Bupati Jarot menyebutkan pihanya sudah menyiapkan  langkah-langkah untuk mempercepat realisasi anggaran di semua SKPD.

“ yaitu memperkuat koordinasi lintas SKPD, melakukan pengendalian yang lebih intensif dan memastikan realisasi anggaran kas setiap SKPD dapat terus dilakukan sesuai rencana yang ada,” ujar Bupati, Kamis (03/08/2017).

Kemudian mengenai saran agar terus menggali potensi PAD yang ada di Kabupaten Sintang sehingga dapat mencapai atau bahkan melebihi target yang ditetapkan, Bupati mengungkapkan pihaknya telah melakukan beberapa langkah yaitu menggali potensi pajak dan retribusi daerah melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi, membentuk tim terpadu guna meningkatkan efektivitas pelayanan, meningkatkan mutu pengawasan terhadap wajib pajak dan retribusi daerah, meningkatkan fungsi aset daerah yang berpotensi memberikan kontribusi kepada PAD, “serta secara kontinyu melaksanakan sosialisasi dan pembinaan kepada wajib pajak dan retribusi daerah,” imbuhnya.

Terkait saran fraksi PDI Perjuangan agar pemerintah daerah Kabupaten Sintang dapat terus menghimbau masyarakat supaya dalam menghadapi musim kemarau tahun ini selalu waspada akan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta mengambil langkah-langkah antisipasi,  dikatakan Bupati bahwa langkah–langkah  antisipasi yang telah dan akan dilakukan yaitu melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan instansi terkait termasuk TNI dan Polri.

“Selanjutnya pemerintah akan menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan serta akan dilaksanakan apel gelar pasukan pada tanggal 4 agustus 2017 dalam rangka menghadapi musim kemarau tahun ini,” bebernya.

Berkenaan dengan perbaikan jalan ruas Lengkenat-Sepauk, Tanjung Ria-Temiang Kapuas Dan Jembatan Sungai Raya Kecamatan Sepauk, kata Bupati akan dilakukan inventarisir kebutuhan dan tingkat kerusakannya terlebih dahulu.

“Terkait penganggaran untuk ruas jalan tersebut tentunya akan menjadi catatan dan perhatian kami,” pungkasnya. (Mo)

__Terbit pada
03/08/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya