Ketungau Hilir Juara Umum Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2017

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M. Med.Ph bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, SE.,M.Si menutup Pekan Gawai Dayak Sintang yang diadakan di komplek stadion Baning Sintang, Sabtu (15/07/2017).

Bupati Sintang, panitia sudah bersusah payah untuk mensukseskan kegiatan ini. “malam ini sungguh luar biasa,” kata dr. Jarot. “begitu juga keseluruhan acara, saya tadi siang sudah melihat-lihat di stand pameran dan beberapa perlombaan. Ada beberapa catatan teknis untuk beberapa acara agar bisa menjadikan evaluasi bagi kita sehingga pada kegiatan berikutnya kita lebih baik,” paparnya lagi.

“kita patut bersyukur karena masyarakat Sintang sudah rukun dan damai,” kata dr. Jarot. “kita bisa melihat hal itu pada kegiatan ini, yang hadir dan turut menyemarakan kegiatan gawai ini masyarakat dari berbagai suku dan agama, seluruh masyarakat Sintang datang kemari,” tegasnya.Jarot mengatakan bahwa pekan gawai dayak merupakan sebuah kontribusi positif dari masyarakat dayak bagi Indonesia. “sehingga gawai seperti ini harus kita lanjutkan dan kita buat lebih meriah lagi di tahun-tahun mendatang,” kata orang nomor satu di Sintang itu.

berkaitan dengan rencana pembangunan rumah betang milik Kabupaten Sintang Bupati menegaskan akan mengusahakan penyelesaiannya pada tahun depan. “sehingga kita punya tempat yang lebih luas untuk menyelenggarakan gawai kita,” kata dr. Jarot.

Menanggapi wacana pilkada tahun 2019, Bupati menghimbau masyarakat Sintang untuk tenang. Berkaitan dengan dukung-mendukung, beliau mengatakan agar masyarakat mencermati calon-calon orang dayak yang memang memiliki kemampuan dan yang benar-benar mendukung masyarakat Sintang mewujudkan provinsi Kapuas Raya.

Pemukulan gong sebanyak 7 kali oelh Bupati Sintang menandai berakhirnya pekan gawai dayak Sintang tahun 2017. Kegiatan ini telah berlangsung selama 5 (lima) hari. Ratusan ribu orang masyarakat Sintang hadir dalam acara malam penutupan Pekan Gawai Dayak 2017.

“keluar sebagai juara umum pada perlombaan yang diadakan selama pekan gawai dayak Sintang, dengan  memperoleh 9 buah medali emas dan sebuah perunggu, adalah Kecamatan Ketungau Hilir,”ujar Hendrika Ika, selaku Ketua Panitia PGD Sintang dalam sambutannya. Bupati Sintang bersama dengan para tamu menyerahkan secara simbolis piala bergilir DAD Sintang dan uang pembinaan kepada Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu, S.Pd

Ika juga menyampaikan hasil perlombaan dan sejumlah kegiatan dalam rangka pekan gawai dayak Sintang tahun 2017 (terlampir). “kami berharap Pekan Gawai dayak ini dapat menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Sintang,” tutupnya.

DAFTAR PEMENANG PERLOMBAAN PGD SINTANG TAHUN 2017

  1. Lomba sumpit perseorangan, Sanggar Sebeji
  2. Lomba sumpit beregu, Kecamatan Ambalau
  3. Lomba menumbuk padi, Kecamatan Ambalau
  4. Lomba Sastra lisan, Kecamatan Ambalau
  5. Lomba tarian dayak kreasi, penata tari terbaik dan penata musik terbaik, Kecamatan Ketungau Hilir. Sedangkan penata busana terbaik, Kecamatan Sintang
  6. Lomba Enggrang, Kecamatan Sungai Tebelian
  7. Lomba pangkak gasing perseorangan, Perdawika
  8. Lomba pangkak gasing beregu, Kecamatan Kelam Permai
  9. Lomba pawai budaya, Kecamatan Kelam Permai
  10. Lomba Sape’, Kecamatan Sintang
  11. Lomba Band Etnik, Sanggar Ibanik Soul
  12. Lomba memasak tradisional, Kecamatan Serawai
  13. Lomba Menganyam manik, Kecamatan Kelam Permai
  14. Lomba menangkap babi, Kecamatan Tempunak
  15. Lomba melukis perisai, Kecamatan Kelam permai
  16. Lomba memahat, Kecamatan Kelam Permai
  17. Lomba lagu dayak kategori Anak putra, Kecamatan Ambalau
  18. Lomba lagu dayak kategori anak putri, Kecamatan Sintang
  19. Lomba lagu dayak kategori dewasa putra, Kecamatan Ketungau tengah
  20. Lomba lagu dayak kategori dewasa putri, Kecamatan Ambalau
  21. Lomba busana kreasi kategori putra 4-8 tahun, Kecamatan Ketungau Hilir
  22. Lomba busana kreasi kategori putri 4-8 tahun, Kecamatan Ketungau Hilir
  23. Lomba busana kreasi kategori putra 9-14 tahun, Kecamatan Ketungau Hilir
  24. Lomba busana kreasi kategori putri 9-14 tahun, Kecamatan Ketungau Hilir
  25. Lomba bujang gawai, Kecamatan Ketungau Hilir
  26. Lomba dara gawai, Kecamatan Ketungau hilir
__Terbit pada
17/07/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya