Bupati Sintang Buka Kegiatan Gawai Dayak Se-Kecamatan Ketungau Hilir

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Bupati Sintang secara resmi membuka kegiatan gawai dayak tingkat se-Kecamatan Ketungau Hilir yang ditandai dengan pemukulan gong di pusatkan di Desa Bukit Sidin Permai pada hari Jumat (14/7/2017), Bupati Sintang didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Hery Jambri.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sintang menyampaikan arahannya dihadapan masyarakat yang hadir dalam acara pembukaan gawai dayak, Jarot Winarno mengatakan bahwa gawai dayak merupakan warisan tradisi adat istiadat leluhur yang wajib dijaga, “saya sangat bangga dengan kegiatan gawai dayak yang dilaksanakan di Desa Bukit Sidin Permai ini, karena pelaksanaan gawai dayak merupakan salah satu langkah untuk melestarikan adat budaya leluhur dari nenek moyang serta kita harus saling menjaganya agar tidak mudah luntur terpengaruh dengan hal yang lainnya”. Kata Bupati Sintang

Menurut Bupati Sintang bahwa kegiatan gawai dayak ini bertujuan untuk menunjukan bahwa tingginya budaya di Indonesia khususnya adat istiadat budaya dayak, “kita tunjukan seluruh manusia yang ada, bahwa kita ini sama-sama manusia, yang memiliki adat istiadat yang sangat tinggi, memiliki jiwa kemanusiaan sama, kita punya adat budaya, kita bisa buktikan bahwa dengan tingginya adat istiadat kita dapat hidup rukun berdampingan bersama-sama dengan budaya, agama, yang lainnya, kita bersatu padu”. Ungkap Jarot.

Kegiatan gawai dayak ini juga, sambung Bupati Sintang dalam arahannya, bahwa, kita selaku masyarakat yang menjunjung tinggi adat istiadat budaya juga ingin diperlakukan adil dalam semua sisi kehidupan termasuk pembangunan, akan tetapi kita juga harus siap untuk memberikan keadilan bagi siapapun”. Tambah Bupati Sintang

Atas nama ┬áPemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung penuh dengan kegiatan gawai dayak ini, sebab akan memajukan budaya adat istiadat ,memperkenalkan kepada bangsa lain, dan untuk di tahun 2017 ini kegiatan se-Kecamatan Ketungau Hilir dipusatkan di desa Bukit Sidin Permai, kalau bisa tahun-tahun berikutnya dilaksanakan dibeda-beda tempat, bisa di Desa Merkak, Desa Semajau Mekar, Desa Semuntai, Desa Setungkup, atur saja kita pemerintah Kabupaten Sintang selalu mendukung”. Tutur Bupati Sintang.

Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu mengatakan bahwa kegiatan ini kenapa dipusatkan di Desa, karena kami ingin semua masyarakat yang ada didesa bisa ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan gawai dayak, tidak hanya itu saja turut hadir juga para kepala Desa yang berada di wilayah Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah, hal ini sangat luar biasa kegiatan gawai dayak si Kecamatan Ketungau Hilir, kami sampaikan juga Kepada Bapak Bupati Sintang terimakasih telah dapat bersedia hadir dalam acara pembukaan gawai dayak ini, dan kedepannya pihak kami dari kecamatan akan menggelar kegiatan gawai dayak serupa di salah satu desa untuk menjadi pusat kegiatan di tingkat Kecamatan Ketungau Hilir. Kata Lunsa.

Ketua Panitia Gawai Dayak, Florensius Amir, mengatakan gawai dayak tingkat Kecamatan se-Ketungau Hilir ini merupakan kegiatan gawai yang kedua kalinya, yang pertama di Desa Senibung, dan ini yang kedua, dalam acara gawai dayak ini bertujuan untuk melestarikan tradisi adat budaya istiadat leluhur, dan juga dalam rangkaian kegiatan gawai dayak ini juga akan ada dilakukan ritual adat turun temurun yang dilakukan sejak jaman dahulu, ada juga festival tari dayak”. Kata Amir. (Humas Pemda)

__Terbit pada
17/07/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya