Askiman Minta Bujang Dara Gawai Pelajari Adat Basa

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM memberikan arahan kepada peserta lomba bujang dara gawai Kabupaten Sintang Tahun 2017di Balai Pagodai, Sintang, Rabu (12/7/2017).

Wakil Bupati juga menanyakan latar belakang pendidikan para peserta. Sebagian besar mereka merupakan mahasiswa di berbagai universitas yang ada di Sintang dan Pontianak.

“kedepannya, jadilah bujang dayak yang baik, jadilah dara dayak yang luar biasa,” pinta Askiman.

Wakil Bupati mengingatkan kepada para peserta untuk memperhatikan dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan adat basa. Menurutnya, tergerusnya kemampuan dan pengetahuan mengenai adat basa terjadi karena kurang dihargai dan tidak lagi ditegakkan di masyarakat.

 “orang dayak merupakan masyarakat yang santun. Kita memiliki adat basa sebagai tiang penopang  dalam tata laku kita,” kata Askiman.

Dia juga berpesan agar para peserta mengikuti semua materi yang ada. “ilmu pengetahuan yang kalian peroleh akan membentuk karakter dan pribadi yang lebih baik, “ pungkasnya.

Koordinator acara pemilihan bujang dara gawai  Ernawati menyampaikan bahwa Kegiatan pemilihan bujang dara gawai diselenggarakan pada Jumat (14/7/2017) mendatang. Pemilihan bujang dara gawai kegiatan ini untuk memilih talenta anak muda Sintang agar bisa menjadi duta pariwisata.

“pemenang bujang dara gawai ini akan membantu proses promosi adat budaya Sintang,” kata Erna.

Diakatakannya kegiatan pemilihan bujang dara gawai diikuti oleh 20 peserta. Para peserta berasal dari perwakilan kecamatan dan dari sanggar tari yang ada di Sintang.

“Kecamatan peserta, Yaitu Kelam Permai, Sintang, Ketungau Hulu, Ketungau Hilir, Binjai, Sepauk, Kayan Hilir, Ambalau dan Sungai Tebelian. Ada juga peserta yang merupakan utusan sanggar, yaitu Sanggar Tampun Juah,” ungkap Erna. (Evy/red)

__Terbit pada
12/07/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya