Jelang Lebarang, Kapolres Pantau Langsung Kesiapsiagaan Personil

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, S.IK. MH didampingi Waka Polres Sintang Kompol Amri Yudhi, SIK, MH, Kabag Ops Polres Sintang Kompol Edy Haryanto, SH, beserta rombongan melakukan pegecekan ke Pos Terpadu Simpang 5 Tugu Adipura, Pos pam dan Pos Yan untuk memastikan kesiap siagaan Personil yang terlibat dalam pengamanan dan pelayanan Ops Pol Ramadniya Kapuas 2017, Selasa ( 20/6/2017), sore.

Menghadapi Perayaan Idul Fitri 1438 H, Polres Sintang mengelar 1 Pos Terpadu di Simpang 5 bundaran Tugu Adipura, 3 Pos Pengamanan masing-masing di Pos Terminal Sei. Tebelian, Pos Sei.Durian, Pos Bandara Susilo Sintang dan 15 Pos Pelayanan yang terletak di masing-masing Polsek jajaran dan Dermaga SDF Pol Air Polres Sintang. Upaya  dalam rangka memaksimalkan Pengamanan dan Pelayanan terhadap masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran dan pasca balik lebaran melalui jalur darat, sungai dan udara.

Kapolres mengatakan tujuan pengecekan ini adalah untuk melihat secara langsung kesiapan petugas pengamanan dan kondisi pos pelayanan yang sudah didirikan, mengingat Pos pengamanan dan pelayanan ini akan difungsikan untuk kepentingan masyarakat serta pengamanan, pelayanan dan tempat pengaduan maupun pemantauan arus mudik selama dan pasca perayaan Idul Fitri 1438 H bagi masyarakat yang melaksanakan perayaan hari raya idul fitri 1438 H maupun yang berlibur.

“Kita sudah lakukan pengecekan dan Alhamdullilah semua dalam keadaan lengkap dan lingkungan juga bersih,” jelas AKBP Sudarmin.

Kapolres menerangkan Pos pelayanan maupun pos pengamanan ini bisa digunakan untuk istirahat bagi masyarakat yang lelah dalam perjalanan jauh dan dapat menyampaikan kendala maupun hambatan yang memerlukan bantuan dari petugas.

Kapolres juga berpesan kepada petugas yang berada di pos untuk melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin, “berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan ciptakan rasa aman buat masyarakat,” tegasnya.

Dia  juga menegaskan kepada personel agar dalam pelaksanaan tugas tidak bermain Hand Phone, “fokus saja pada tugas pengamanan dan pelayanan, karena bagaimanapun keberadaan petugas dilapangan ( Pos) sangat dibutuhkan masyarakat, utamanya bagi warga pendatang yang melintasi jalur Kabupaten Sintang,” ujar Kapolres.

Sementara Kasat Lantas Polres Sintang AKP Anton Satriadi, SIK menghimbau kepada masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas. Selain itu sebelum berkendara masyarakat juga diminta agar mengecek dulu kondisi kendaraan  seperti ban, kaca spion, lampu-lampu serta menyiapkan kelengkapan surat-surat kendaraan dan tetap budayakan tertib berlalu lintas.

“kita juga tidak boleh lupa, sebelum  berkendara sebaiknya kita harus berdoa terlebih dahulu karena hanya kepada Allah kita memohon keselamatan,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Kabag Ops Polres Sintang KOMPOL Edy Haryanto, SH agar masyarakat selalu waspada. Budayakan prosedur keamanan sebelum berpergian keluar rumah.

“sebelum tinggalkan rumah cek dulu, pastikan pintu dan jendela sudah terkunci dengan baik, kemudian jangan menggunakan perhiasaan yang berlebihan seperti gelang dan kalung emas karena dapat mengundang pelaku kejahatan, serta jangan meletakan barang-barang berharga didalam mobil saat diparkir jika tidak ada orang didalamnya. Untuk pengemudi kendaraan jika lelah dan capek maka silakan untuk istirahat disini, karena sudah dipersiapkan Rest Area yang presentatif dan aman,” pesannya. (Hary/Mo)

__Terbit pada
20/06/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya