Ingat dan Hargai Sejarah, Tokoh Pemuda Sekadau Ajak Generasi Muda Junjung Tinggi Pancasila

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com] – Tokoh pemuda Kabupaten Sekadau Dunstaniko, ST ( 33 ), mengajakan masyarakat Sekadau, khususnya generasi muda suapaya tidak melupakan sejarah bangsa. Bahkan dia secara pribadi mengaku sangat bangga dengan negara Indonesia yang kaya akan keberagaman agama, suku dan budaya, tapi tetap satu.

Seperti  pada peringati hari lahirnya Pancasila lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  ke- 72  yang jatuh tepat 1 Juni tiap tahunnya. Generasi muda perlu untuk lebih mengenal pancasila dan menghayati maknanya. Apalagi  pancasila merupakan satu dari empat pilar bangsa yang telah memperkokoh nilai persatuan dan kemajemukan yang ada.

“mari kita  bersama maknai arti pancasila itu, kita kokohkan persatuan dan kesatuan kita,  tolak intoleran dan radikalisme. Perkokoh nilai persatuan demi kemajuan Indonesia yang kita cinta, khusus Kabupaten Sekadau “, ucapn pria yang juga Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sekadau ini.

Hal senada juga diungkapkan Andri wanto, menurutnya  Pancasila adalah rumah untuk semuanya yang perlu dijunjung tinggi. Ia juga mengajak khususnya generasi muda bangsa di Kabupaten Sekadau  terus mengingat kembali memori dan peristiwa sejarah penting di negeri ini.

“Dengan keanekaragaman dan perbedaan Suku, Agama, Ras dan golongan kita tetap bisa hidup berdampingan, memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam menjaga keutuhan, ketentraman, berbangsa dan bernegara di  Indonesia ini,” bebernya.

” 1 juni 1945 tepatnya 72 tahun yang lalu, dimana Pidato yang menggelegar dari sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia IR. Soekarno dihadapan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI ) yang menjadi dasar rukunnya kehidupan berbangsa dan bernegara di negara Indonesia “, ucapnya.

Pada peringatan hari lahirnya Pancasila sebagai bangsa yang besar dan bangsa yang berbudaya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi arus globalisasi dan zaman kekinian.

” mari bersama kita pertahankan dan tumbuhkan terus Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagi Rumah kita dengan mengutuk dan menolak tegas segala bentuk organisasi dan paham yang berlawanan dengan dasar kerukunan hidup berbangsa dan bernegara, dasar dari dasar hukum, dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila “. Ajak anggota bidang ketenagakerjaan DPD KNPI Kabupaten Sekadau ini.

Tak lupa, kedua pemuda ini dengan sangat lantang menyerukan, ” Saya Indonesia, Saya Pancasila. Pancasila Rumah Kita, Rumah untuk semua. Selamat hari lahirnya pancasila yang ke-72″. ( Herman )

__Terbit pada
31/05/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya