Sintang Raih 3 Emas Pekan Gawai Dayak Kalbar Tahun 2017

PONTIANAK [www.mediakapuasraya.com]-Kontingen DAD Kabupaten Sintang berhasil mendapatkan tiga emas usai menjuarai tiga jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalbar ke-32 tahun 2017 di Pontianak belum lama ini.

Ketua kontingen, yang juga Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadispropar) Kabupaten Sintang, Hendrika mengatakan lebih dari 20 perlombaan digelar dalam rangka memeriahkan (PGD) Kalbar ke-32 tahun ini. Dari jumlah tersebut kontingen DAD Sintang hanya mengikuti beberapa perlombaan saja.

“kami tidak mengirim peserta untuk semua jenis perlombaan. Karena tim kita terbatas,” kata Hendrika.

Kendati demikian Hendrika menilai prestasi yang diperoleh kontingen DAD Sintang sudah cukup baik. Apalagi selain menjuarai 3 perlombaan pihaknya juga mendapat juara II  dan III pada tiga jeni lomba lainnya.

“kita juara satu Lomba Masak, Lomba Display dan Lomba Sumpit beregu. Juara dua lomba numbuk padi, Lomba Pop Singer Dewasa dan Lomba Enggrang. Sementara bujang dara kita masuk enam besar saja,” paparnya.

Hendrika yakin prestasi ini adalah kerja keras kontingen DAD Sintang, dari hasil ini Hendrika harapkan kedepan dapat lebih baik lagi.

“kita tidak boleh hanya puas dengan pencapaian saat ini, artinya kedepan kita harus lebih baik lagi,” pungkasnya.

Hendrika beraharap Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2018 nanti bisa dilaksanakan sebelum Gawai Dayak Tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Dan dapat menampilakn jenis perlombaan yang sama dengan yang ada di Provinsi,” sehingga yang menang di tingkat kabupaten bisa langsung mewakili Kabupaten Sintang di tingkat provinsi Kalbar,” terang Hendrika.

Dikatakannya juga selain mengikuti berbagai jenis perlombaan, kontingen Sintang juga membuka Stand DAD yang terletak di Lantai 1 Rumah Radakng bersamaan dengan puluhan stand lainnya. Tim DAD Sintang memamerkan dan menjual aneka anyaman, tenun ikat, sal dan mempromosikan berbagai potensi pariwisata Kabupaten Sintang kepada pengunjung Pekan Gawai Dayak Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang ke XXXII Tahun 2017.

“kita mengenalkan kerajinan tangan dari masyarakat kita sekaligus mengenalkan destinasi wisata di Sintang,” tandasnya. (Slh/red)

__Terbit pada
29/05/2017
__Kategori
Pontianak, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya