Herimaturida : Pemerataan UNBK di Sintang Terkendala Listrik dan Jaringan Internet

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Beberapa sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di Kabupaten Sintang belum dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), terutama sekolah yang berada diluar kota Sintang.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida  mengatakan kondisi ini disebabkan sarana dan prasarana pendukung UNBK seperti jaringan internet yang baik belum mampu menjangkau beberapa daerah di luar kota.

“Selain itu kita juga masih kekurangan pasokan daya listrik, sebab untuk menghadirkan sarana dan prasarana pendukung UNBK, listrik juga harus memadai ” kata Herimaturida.

Solusi untuk mengatasi belum meratanya penerapan UNBK di kabupaten  ini kata Heri sarana dan prasarana pendukung tersebut harus lebih dulu disiapkan.

“faktanya kita sulit memaksakan bila sarana dan prasarana belum siap,” imbuhnya.

Dikatakan politisi Gerindra ini salah satu upaya untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana tersebut yakni, perlunya dibangun tower provider agar daerah sekitar dapat menjangkau internet. Terkait hal ini Pemerintah melalui instansi terkait perlu melakukan pemetaan dan mengusulkan pembangunan tower di daerah.

Selain itu penyedian daya listrik juga harus menjadi perhatian, pasalnya listrik di Kabupaten Sintang saat ini masih mengalami defisit. Apalagi daya listrik yang ada juga diekspor ke Kabupaten Kapuas Hulu. Sementara Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sungai Ringin juga masih belum siap dioperasikan.

“listrik sudah menjadi kebutuhan mendasar, bahkan untuk menyalakan tower juga perlu daya listrik, ini juga menjadi kendala, namun kita tetap berkoordinasi dan mendorong percepatan pengoperasian PLTU Sungai ringin agar kebututuhan listrik kita terpenuhi, dan kebutuhan di dunia pendidikan juga dapat kita kita adaptasikan,” bebernya.

Namun Wakil Rakyat Daerah Pemilihan (Dapil)  Tempunak-Sepauk ini tetap mendorong dan mendukung upaya pengembangan di bidang pendidikan.

“kita tentu mengarapkan sekolah sekolah di sini semuanya bisa menerapkan UNBK. Tetap kita perjuangkan, dan lakukan secara bertahap sesuai dengan kemapuan anggaran yang kita miliki,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
29/05/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya