Dandim Marsana Ajak Masyarakat Sukseskan Program KB

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Marsana mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang mensukseskan Program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan di Kabupaten ini yang tengah gencar-gencarnya dicanangkan TNI bersama Pemerintah dan BKKBN.

Dandim mengatakan pertumbuhan penduduk Indonesia masih tinggi, tentu kondisi Kependudukan saat ini baik dalam arti jumlah dan kualitas maupun persebaran merupakan tantangan yang berat bagi Pembangunan Bangsa Indonesia, situasi dan kondisi Kependudukan tersebut jelas merupakan suatu fenomena yang memerlukan perhatian dan penanganan secara seksama dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang telah dan perlu terus dilakukan oleh Pemerintah adalah dengan pengendalian jumlah penduduk melalui program Keluarga Berencana dan Program Kesehatan.

“KB Kes  ini adalah program nasional dan ini penting dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduk, serta upaya mewujudkan manusia Indonesia sejahtera, khusunya Masyarakat Kabupaten Sintang,” Kata  Dandim saat membuka Bhakti sosial TNI Manunggal KB-Kes di Puskesmas Dedai, Kabupaten Sintang, Kamis (18/05/2017).

Dikatakan Dandim Marsana Masyarakat membutuhkan karya nyata dalam pembangunan, Pencanangan KB Kes ini adalah salah satu upaya mengawal pembangunan menuju masyarakat yang aman damai dan sejahtera.

“Upaya TNI membantu Pemerintah Kabupaten mewujudkan masyarakat yang sehat, mengedalikan laju pertumbuhan penduduk, dan mewujudkan keluarga  kecil  sehat, bahagia dan sejahtera,” bebernya.

Sementara Wakil Bupati Sintang Askiman juga mendorong masyarakat mendukung program nasional ini. “Program ini wajib kita dukung,” tegasnya.

Dia mengatakan laju pertumbuhan penduduk bila tidak diikuti dengan perkembangan Sumber Daya Manusia-nya (SDM) akan sia sia. Sehingga Pelayanan keluarga berencana bukan sekedar membatasi angka kahir, namun bagaimana membagun SDM yang berkualitas. Disamping itu lanjut Askiman setiap keluarga perlu ditanamkan kekuatan berdasarkan agama yang dianut masing masing sebagai benteng terdepan dari halhal negatif.

“Guna mencapai keberhasil SDM yang berkualitas harus dimulai dari keluaraga. Tata kehidupan keluarga kita, berikan contoh yang baik kepada anak anak kita, berikan perhatian dan kawal masa pertumbuhannya,” ucap Askiman.

Askiman juga menyampaikan terimakasihnya kepada Dandim 1205 Sintang beserta anggotanya yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Askiman yakin TNI memiliki komitmen yang kuat dalam memberi daya dukung program pembangunan kependudukan di Kabupaten Sintang.

“tentu kita sangat mendukung kegiatan ini, dan harapan saya ini bukanlah seremonial belaka melainkan program yang benar-benar kita lakukan dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan. Keseriusan kita laksanakan kegiatan ini perlu ditata dengan baik dan ditingkatkan.” Pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
18/05/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya