Sosialisasi Perbub No 35 Tahun 2017, Pemkab Sintang Akan Luncurkan Software Koordinasi SKPD

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sekretaris Daerah Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si membuka acara Sosialisasi peraturan bupati Sintang nomor 35 tahun 2017 tentang Koordinasi Tugas Assisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang  dalam urusan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan pelayanan publik di Kabuapten Sintang bagi operator SKPD di Lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang tahun anggaran 2017 di Balai Praja Kompleks Kantor Bupati Sintang, Jumat (12/5/2017).

Pada kesempatan ini sekretaris daerah menyampaikan bahwa dalam proses koordinasi antar pejabat terkait di lingkungan pemerintahan Pemda perlu suatu media yang dapat digunakan secara maksimal. “proes kerja pengelolaan administrasi pemerintahan daerah yang telah diatur dalam berbagai peraturan baik itu secara nasional maupun daerah Sintang sendiri baik itu dalam bentuk struktur organisasi hingga proses koordinasi telah sangat jelas hanya tinggal kita lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya saja,” kata Yosepha. “melalui peraturan bupati telah disebutkan bahwa asisten daerah membantu Sekretaris Daerah dalam mengkoordinasikan tugas sesuai dnegna pembidangan masing-masing asisten,” tambahnya.

Hal ini bertujuan untuk menjadi pedoman dalam melakukan koordinasi di lingkungan Pemda Sintang. “dengan adanya pembidangan masing-masing asisten ini, maka garis koordinasi penyelenggaraan tugas di lingkungan Pemda Sintang, menjadi lebih jelas, teratur, dan terarah,” tegas Dra. Yosepha.

“melalui kegiatan ini dan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi elektronik kita akan meluncurkan software koordinasi satuan perangkat kerja daerah dalam bentuk Sistem Rekruitment Software (SRS) SKPD,” terang Dra. Yosepha. “diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini, akan mempercepat proses koordinasi dan penyelesaian masalah pemerintahan di Kabupaten Sintang, “ pungkasnya.

Menurut  Drs. Marchues Afen,. M.Si kegiatan ini merupakan implementasi dari adanya diklat kepemimpinan yang sedang dilaksanakan oleh Asisten Adminstrsi Umum Sekretaris Daerah Sintang tersebut. “bagain paling penting dalam hal ini mengenai pola koordinasi. Dimana asisten membantu Sekretaris Daerah dalam perumusan kebijakan dan mengkoordinasi SKPD sesuai bidang masing-masing sampai dengan proses monitoring,” terang Afen.

Dalam proses koordinasi ini, hal-hal meliputi kegiatan fasilitasi,rapat ,pertemuan, dialog, konsultasi dan diskusi di Lingkungan Pemerintah Daerah Sintang. “selain proses koordinasi, Asisten Sekretaris Daerah juga perlu melakukan pembinaan dikalangan SKPD, hal inilah yang kita lakukan dengan belajar bersama untuk menggunakan aplikasi yang telah dibuat oleh bagian Asisten Adminsitrasi Umum hari ini,” kata Afen lagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan software koordinasi yang disebut dengan SKS kepada para operator dan Kepala SKPD yang ada di Lingkungan Pemda Sintang. “software ini ini membantu percepatan proses koordinasi di antar instansi di lingkungan Pemda Sintang,” terang Afen. “sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di Kabupaten Sintang,” tambahnya lagi.

Peserta kegiatan sebanyak lebih dari 80 orang, terdiri dari kepala bagian dan staf operator atau pelaksana teknis di Lingkungan Pemda Sintang. Acara dilanjutkan dengan praktek penggunaan aplikasi dan bimbingan teknis dari operator terkait. (Evy)

__Terbit pada
12/05/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya