Dewan Dorong Perekrutan Tenaga Guru Sesuai Aturan, dan Pemerataan Penyebaran Guru

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kekurangan tenaga pengajar atau guru di Kabupaten Sintang juga menjadi sorotan anggota DPRD, bahkan menurut Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang supaya menambah tenaga pengajar  guna pengembangan dunia pendidikan di daerah ini.

Kendati demikian perekrutan tenaga pengajar haruslah sesuai dengan mekanisme atau aturan yang berlaku supaya tidak terjadi tumpang tindih.

“untuk mengisi kekurangan guru  di kabupaten ini kita merekomendasikan untuk memperbantukan tenaga guru honorer, namun soal proses ini harus dipelajari supaya tidak bertentangan dengan apa yang menjadi peraturan di pusat,” kata Jeffray saat di Jumpai di DPRD Sintang, belum lama ini.

“kalau memang ada penerimaan tenaga honorer untuk guru  haruslah sesuai dengan aturan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” tambahnya,

BACA;

Saat ini bukan hanya kekurangan tenaga guru yang kerap dikeluhkan, tetapi juga penyebaran guru belum merata.  Jeffray juga menekankan hal ini harus menjadi evaluasi Pemkab agar penempatan guru harus merata di setiap sekolah sesuai  dengan kebutuhan.

” jangan sampai guru ASN menumpuk di kota, tetapi di daerah kurang, maka dalam rekomendasi  itu, kita meminta adanya mutasi  dan penyebaran tenaga guru secara marata,” pungkas Jeffray.

Terkait dengan penempatan Guru Garda Depan (GGD)  di daerah 3T di kabupaten ini, menurut Jeffray lebih baik mengutamakan tenaga pengajar  dari setempat.  Hal ini dimaksudkan supaya tenaga pengajar ini merasa betah mengabdi  dan fokus mengajar di daerah 3T tersebut.

“namun mereka sebagai guru harus memiliki kualitas sesuai  yang dibutuhkan,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
10/05/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya