Dewan Sintang Minta Pemkab Sosialisasikan Pentingnya Posyandu

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang meminta Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Instansi terkait mensosialisasikan pentingnya memanfaatkan fasilitas Posyandu, terutama bagi bayi dan balita serta meningkatkan peran serta ibu-ibu PKK yang didampingi tenaga penyuluh Kesehatan dan petugas Keluarga Berencana.

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari dalam rekomendasi DPRD yang dibacakannya menyampaikan bahwa, kesadaran masyarakat akan pentinya posyandu masih kurang, sehingga pemberdayaan posyandu di kabupaten ini belum optimal.

“perlu disosialisasikan kepada masyarakat, apalagi peranan posyandu ini sangat penting karena dapat meningkatkan kualitas Gizi Bayi dan Balita, serta dapat menyadarkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Mainar dalam rapat paripurna ke-7 DPRD Sintang, Senin (08/05/2017) kemarin.

Selain merekomendasikan tentang Posyandu, DPRD Sintang juga merekomendasikan beberapa hal lain terkait pengembangan dunia kesehatan di Kabupaten Sintang. Diantaranya meminta Bupati Sintang agar membangun fasilitas Kesehatan di tingkat Kecamatan pada lokasi yang strategis, ”sehingga dapat mempermudah jangkauan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga merekomendasikan kepada Bupati Sintang agar dapat meningkatkan kualitas manajerial Puskesmas mulai dari penerapan standar pelayanan minimal yang baik, hingga peningkatan sumber daya manusia, baik kualitas maupun kuantitas.

“rendahnya kemampuan manajemen Puskesmas, berdampak pada capaian kinerja serta mutu pelayanan Puskesmas dan jaringannya,” beber Mainar.

Lebih lanjut disampaikan Mainar, pihaknya menilai alokasi Anggaran untuk pelayanan kesehatan dasar tidak mencukupi, padahal penanganan kesehatan merupakan salah satu penanganan yang perlu ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.

“maka direkomendasikan kepada Bupati Sintang dapat menganggarkan secara cermat dengan memperhatikan Standar Satuan Harga dan Analisis Standar Biaya guna mendapatkan nilai penganggaran yang tepat,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
09/05/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya