DPRD Sintang Minta Bupati Tambah Tenaga Pengajar

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Dunia pendidikan di Kabupaten Sintang masih menghadapi kekurangan tenaga pengajar dan keterbatasan sarana dan prasarana pendkung. Dukungan terhadap perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Sintang juga menjadi perhatian serius Anggota DPRD Kabupaten Sintang.  Hal ini dibuktikan dengan adanya rekomendasi  dibidang Pendidikan yang dilayangkan DPRD Sintang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)  Bupati Sintang Tahun Anggaran 2016 supaya kedepan dapat dipenuhi.

Seperti yang dibacakan juru Bicara pansus, Mainar Puspa Sari dalam rapat Paripurna ke-7 DPRD Sintang Masa Persidangan I Tahun 2017 di Ruang Sidang DPRD, Senin (08/05/2017) pagi tadi.

Rekomendasi tersebut diantaranya yang pertama DPRD Sintang merekomendasikan kepada Bupati Sintang untuk segera menambah dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap melalui dana APBD maupun Block Grant sesuai dengan kemampuan Keuangan Daerah.

“Secara umum sarana dan prasarana pendidikan di Sintang masih belum merata baik berupa gedung, guru, dan sarana pembelajaran,” kata Mainar.

Disampaikan  Mainar, bahwa berdasarkan indikator jumlah guru kelas, secara umum di wilayah Kabupaten Sintang masih relatif kekurangan jumlah tenaga pengajar yang kualifikasi S1 atau D-IV, pihaknya merekomendasikan kepada Bupati Sintang segera melakukan penambahan jumlah tenaga pengajar yang memenuhi kualifikasi, serta dapat mengadakan program penyesuaian ijazah atau penyetaraan bagi tenaga pengajar yang sudah mengajar sebelumnya.

“Guna menyikapi kekurangan tenaga fungsional guru di Wilayah Kecamatan, untuk itu DPRD Sintang juga merekomendasikan kepada Bupati Sintang dapat mengadakan tenaga kontrak atau honor daerah tenaga fungsional guru,” pintanya dalam rekomendasi.

Selain itu lanjut dia, untuk menangani rendahnya angka usia sekolah, maka perlu penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat tentang arti pentingnya pendidikan yang dalam hal ini didapat dari sekolah formal, pemberian bantuan mengajar, bea siswa atau program anak asuh dan mengadakan sosialisasi program kerja kepada masyarakat.

“ kami juga merekomendasikan kepada Bupati Sintang untuk melakukan pembinaan dengan melakukan mutasi dan rotasi Kepala Sekolah di Kecamatan Kayan Hulu,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
08/05/2017
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya