Banjir Deras, 8 KK di Dusun Ensali Terpaksa Mengungsi, Ini Komentar DAD Sekadau

SEKADAU ( www.mediakapuasraya.com ) – Tingginya intensitas curah hujan pada ( 25/04/2017) malam di Sekadau, membuat sejumlah rumah warga di Dusun Ensali Desa Ensalang terendam. Bahkan debit air yang menggenangi pemukiman warga ini mencapai ketinggian  1,5 meter,  dan sedikitnya ada delapan kepala keluarga (KK) yang  terpaksa harus mengungsi kerumah tetangga.

Dikonfirmasi media ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi membenarkan adanya musibah banjir  yang merendam pemukiman warga di Desa Ensalang. Banjir tersebut bersifat banjir kiriman. Sementara dikataknnya juga piihaknya telah menerjunkan personil di lokasi banjir tersebut.

” Tim kita sudah di lokasi dan melakukan peninjauan serta siaga akan banjir susulan,” ujarnya.

,” saat ini  tinggi air berkisar 0,5 meter hingga  mencapai 1,5 meter,”  tambah Akhmad

Terpisah, ketua harian DAD Kabupaten Sekadau Wilbertus Willy mengatakan banjir yang melanda desa Ensalang tersebut selain dikarenakan tingginya curah hujan, juga karena adanya penyempitan sungai akibat ekspansi lahan perkebunan kelapa sawit dengan pemukiman warga.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, Willy sangat berharap Pemerintah Daerah melalui instansi terkait untuk mengkaji kembali kawasan rawan banjir.

” kalau perlu, Pemkab programkan pembangunan atau normalisasi sungai untuk wilayah tersebut ,” ucapnya.

Akan tetapi, meskipun demikian, Willy juga sangat mengapresiasi kinerja Tim bencana BPBD Sekadau yang dengan sigap segera datang dan membantu warga yang terkena dampak banjir.

“Mantap tim BPBD, selalu siap dan tanggap bila ada bencana yang melanda ,” ujarnya kagum. ( Herman )

__Terbit pada
26/04/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya