TP PKK Sosialiasikan UP2K di Desa Batu Pahat, Kades: PKK Desa Sulit Jual Produk

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]- TP PKK Kabupaten Sekadau gelar sosialisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2 K) di Gedung Pertemuan Desa Batu Pahat, Kecamatan Nanga Mahap, pada Sabtu (22/04/2017).

Sosialisasi ini dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus, wakil ketua Tp pkk Ny. Vixtima Heri supriyanti , ketua TP PKK Kecamatan Nanga Mahap Martina Hermanto, Kades Batu Pahat Suparjo dan tamu undangan dari desa sekitar.

Ketua panitia Teresia Lili dalam laporannya menyampaikan ada dua tujuan uatama dilaksanakan sosialiasi  ini, yakni  pertama bertujuan untuk memperkuat kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangkan ekonomi keluarga. Kemudian bertujuan meningkatkan pemahaman tim TP PKK dan Kades tentang UP2K PKK dalam pengelolaan dan pengembangan usaha  ekonomi keluarga, meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan TP PKK dan Kades untuk membina kelompok usaha ekonomi dalam keluarga.

” semoga melalui kegiatan UP2K ini, dapat terbentuk kelompok PKK yang maju, mandiri dan berdaya saing ,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Batu Pahat, Suparjo mengapresiasi dan mendukung terlaksananya kegiatan UP2K PKK di Desa Batu Pahat.  Selama ini kata dia PKK di wilayahnya itu sudah banyak menghasilkan produk, namun kesulitan dalam penjualannya.

“sudah dibuat tapi tidak tahu kemana menjual,” ucapnya.

Suparjo  berharap adanya sosialisasi UP2K ini bisa memberikan pemahaman dan solusi  akan permasalahan yang tengah dihadapi PKK di Desanya itu.

“sehingga kedepan Produk PKK itu tidak hanya dibuat tetapi juga ada wadah yang menampungnya, tahu kemana menjual produk,” ujarnya.

Selain itu menurut Suparjo peletakan harga produk perlu diperhitungkan dengan baik supaya terjangkau dan gampang terjual.

Suparjo juga mendorong PKK tetap berkarya, “ tingkatkan terus kerajinan dan usaha dari kebun PKK ,” pesanya.

Sementara  ketua TP PKK Kecamatan Nanga Mahap, Martina Hermanto mengatakan di Kecamatan Mahap ini, banyak yang punya bakat tapi terkendala jauhnya tempat tinggal. Dia menilai menjadikan Desa Batu Pahat sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi UP2K sangatlah tepat, sebab Kelompok PKK di Desa ini Kompak dan patut di contoh.

“Kelompok PKK desanya kompak, sudah ada produk dan sudah memiliki sawah serta kebun sayur,” ujanya.

Begitu pula dengan ketua TP PKK kabupaten sekadau, Ny.Kristina Rupinus, dia menilai Ibu-ibu PKK di Desa Batu Pahat sudah baik untuk Kecamatan Nanga Mahap.

Ia berharap kepada perwakilan desa-desa terdekat yang diundang untuk melihat kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan pengetahuan kepada kelompok PKK di desanya masing-masing.

Dikatakannya, kegiatan sosialais ini merupakan program dari projak 2, yakni Kegiatan ekonomi yang di usahakan perorangan maupun kelompok.

“Kita sebagai PKK bersaha mampu menciptakan penghasilan tambahan bagi keluarga,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama dia juga menilai bahwa karya ibu-ibu PKK di Desa  Batu Pahat sudah baik, kendati demikian akan lebih baik bila memili ciri khas tersendidi.

” harus ada memiliki ciri khas agar dapat nilai jual,”  imbaunya. ( Herman )

__Terbit pada
22/04/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya