Paskah dan Pelantikan Pengurus PGI Kabupaten Sekadau Periode 2017-2022

SEKADAU [ www.mediakapuasraya.com]- Badan Musyawarah Antar Gereja-Gereja Nasional ( BAMAG ) dan Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Kabupaten Sekadau rayakan Paskah  dan pelantikan pengurus BAMAG dan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Kabupaten Sekadau  yang baru di Gedung pertemuan Penajung Island Jl. Merdeka Timur, Jumat (21/4/17) Malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Seketaris Daerah Kabupaten Sekadau Andrianto Gondokosumo mewakili Bupati, Ketua BAMAG Nasional  Prof. Dr.  Jafarlin Marbun, Ketua Persatuan Gereja Indonesia Kalimantan Barat Pdt. Danil Alpius, Kapolsek Sekadau Hilir, IPTU. Masdar, Damramil Para Pendeta di Kabupaten Sekadau,  dan ratusan Umat Kristen Protestan dari berbagi gereja di Sekadau.

Kegiatan diawali dengan Ibadah yang mengakat Thema “Kebangkitan Kristus Membebaskan kita dari Kuasa Kematian “.

Pdt. Prof. Dr.  Jafarlin Marbun, dalam penyampaian Sabda Tuhan yang dikutib dari Injil Roma 6:10 mengatakan bahwa perayaan Paskah merupakan momen yang sangat penting bagi Umat Kristen, sebab melalui kematian Yesus Kristus dan kebangkitan-Nyalah penebusan dan keselamatan di peroleh.

“Bagi orang percaya, keselamatan dan pengharapan diperoleh. Tetapi andaikan Kristus tidak di bangkitkan maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sia juga kepercayaan kamu (1 Kor. 15:14),” ucapnya.

“Sebab kematian adalah puncak pengalahan Dosa dan maut, apapun dosa dan kesalahan kita karena Tuhan Yesus sudah mengalahkan maut dan kesalahan kita terbebas olehNya ,” sambungnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan ( SK ) Pelantikan Pengurus BAMAG dan PGI Kabupaten Sekadau oleh ketua PGI Kalimantan Barat, Pdt.  Danel Alpius.

Dia menerangkan bahwa kegiatan ini adalah wadah untuk mempersatukan para pemipin Umat, dan Pendeta mulai dari pusat hingga ke daerah termasuk di Kabupaten Sekadau dan daerah lainnya.

“Pengurus terdiri dari berbagai latar belakang gereja-gereja Kristen Protestan yang ada di Indonesia. Tujuannya agar bisa bersatu, menjalin kerja sama baik antar gereja  maupun dengan pemerintah daerah dimanapun berada ,” bebernya.

Sementara Pejabat Sekda Kabupaten Sekadau Andrianto Gondokuaumo yang pada saat itu mewakili Bupati, mengatkan dirinya atas nama  pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sekadau menyampaikan selamat Paskah pada semua masyarakat yang merayakannya dan selamat atas pelantikan pengurus BAMAG dan PGI Kabupaten Sekadau Periode 2017-2022.

“Bupati minta maaf karena tidak dapat menghadiri paskah dan pelantikan bersama BAMAG karena ada tugas lainnya yang tidak dapat ditinggalkan,” ucap Pj Sekda.

Andrianto menjelaskan pembangunan dan pengembangan ronani ( Iman ) merupakan salah satu program utama pemerintahan Rupinus-Aloysius. Maka, dengan demikian Pemkab sangat mendukung hal-hal yang bersifat baik dan membangun Iman masyarakat pada Tuhan.

“Pengembangan Iman pada Tuhan penting bagi umat manusia sebagai upaya untuk mencegah hal-hal negatif di tengah masyarakat,” ujarnya.

“Mudah-mudah pengurus yang baru  ini bisa bekerja dengan baik dalam mengembangkan iman, mencegah hal-hal yang negatif dan bisa bersinergi dengan pemerintah Daerah,” harap Andrianto.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah baik itu secara moril maupun materil, pemerintah daerah Kabupaten Sekadau menganggarkan dana bagi pengembangan rohani di Kabupaten Sekadau relatif besar.

“Untuk BAMAG tahun 2017 ini, Pemkab realisasikan dana sebesar Rp. 350.000.000,-. Jumlah ini Lebih besar dari tahun 2016 yang hanya berjumlah Rp.250.000.000,- Demikian juga pada umat yang lainnya “, jelasnya.

Pdt. Martin Jasmin S.Th selaku Ketua BAMAG periode 2017-2022  dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih atas partisipasi Pemkab dan seluruh mayarakat Sekadau, terutama para pendeta umat.

Rasa terimakasih juga ditujukan pria ini kepada TNI dan Polri di Kabupaten Sekadau  yang telah mensukseskan pengamanan perayaan Ibadah Paskah dan pelantikan serta pengkuhan pengurus BAMAg dan PGI Kabupaten Sekadau hingga terlaksana dengan baik, aman dan sukses.

“Dengan di bentuknya pengurus ini, kita akan lakukan estafet pembinaan Iman dan pelayanan Tuhan hingga ke Gereja lokal. Dengan harapan, lewat BAMAG ini, hamba-hamba Tuhan para Pendeta bisa bersatu. Gereja Tuhan dapat bersatu pula seperti Doa Yesus, sehingga lewat persatuan inilah untuk kemuliaan Tuhan dan untuk Pemerintahan Kabupaten Sekadau, maju, mandiri dan berdaya saing,” tukasnya. ( Herman)

__Terbit pada
22/04/2017
__Kategori
Sekadau

Penulis: Admin Media Kapuas Raya