Desa Pagal Baru Tempunak Wakili Sintang Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Pemerintah Kabupaten Sintang sudah melaksanakan lomba desa dan kelurahan Tingkat Kabupaten Sintang dari Januari-Maret 2017 lalu. Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang sudah dinilai terbaik dalam lomba Tahun 2017 ini dan layak untuk diikutkan dalam lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Kalimantan Barat.

Asisten Administrasi Umum Setda Sintang Marchues Afen mengatakan Pemkab Sintang harus mempersiapkan Desa Pagal Baru dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu untuk dinilai oleh Tim Penilai dari Pemerintah Provinsi Kalbar.

“lomba desa dan kelurahan merupakan salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan selama satu tahun,” ujar Afen saat memimpin rapat persiapan lomba di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Kamis,(20/04/2017).

Lebih lanjut Afen mengatakan penilaian lomba ini harus dipersiapkan dengan mantang baik itu pengaturan waktu dan acara, “jangan sampai persiapan penilaian sudah baik, terganggu karena setingan waktu dan acara yang kurang sempurna,” ibuhnya.

Sementara Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Hotler Panjaitan menerangkan bahwa Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak akan dinilai oleh Tim Penilai dari Pemerintah Provinsi Kalbar pada Jumat 28 April 2017 dan Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang pada Kamis 27 April 2017. Hasil karya masyarakat atau produk unggulan merupakan salah satu kriteria penilaian tertinggi dalam penilaian lomba desa dan kelurahan.

“Dampak negatif dari lomba ini adalah jika hasil penilaian desa tersebut dibawah standar yang ditentukan, maka desa atau kelurahan tersebut bisa dihapus. Tetapi jika hasil penilaian baik, maka akan banyak mendapatkan bantuan dana pembinaan.

Menurut Hotler ada dua persiapan yang harus segera dilakukan yakni persiapan objek yang akan dinilai dan persiapan acara seremonial.

“Waktu yang ada sangat singkat, maka kita harus bekerja keras menata fisik dan administrasi pemerintahannya.” tandasnya. (mo)

__Terbit pada
20/04/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya