50 Pelajar di Sekadau Ikuti Kegiatan Forum Anak Daerah

SEKADAU [ www.mediakapuasraya.com] – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Adrianto Gondokusumo mewakili Bupati membuka kegiatan partisipasi pembentukan Forum Anak Daerah ( FAD ) Kabupaten Sekadau yang digelar  di Aula Multi Hotel Jl. Merdeka Timur, Kecamatan Sekadau Hilir pada Rabu (19/04/2017).

Kegiatan FAD di Sekadau akan berlangsung  hingga hari Jumat (21/04/2017) mendatang, dengan mengangkat  Tema ‘temu anak daerah sebagai wujud hak partisipasi anak dalam membangun Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdayasaing’ . Sedikinya 50 pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Sekadau berpartisipasi dalam kegiatan FAD kali ini.

PJ Sekda Sekadau Adrianto Gondokusumo dalam sambutannya mengatakan bahwa, FAD merupakan organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah atau pranata partisipasi bagi anak yang berusia dibawah 18 tahun.

“ keanggotaanya  merupakan perwakilan dari kelompok kegiatan anak yang dikelola oleh anak-anak dan dibina oleh pemerintah sebagai media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi, suara dan perlindungan hukum bagi anak-anak,” jelas Andrianto.

Sementara  Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Dinsosnakertrans ) Kabupaten Sekadau,  Suhardi menyampaikan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya wadah sebagai penyalur aspirasi guna memberikan pemahaman sehingga anak tidak keluar jalur.

“sehingga anak-anak terhindar dari prilaku negatif,” imbuhnya.

Dari kegiatan ini, peserta disajikan berbagai materi dari narasumber, seperti kesehatan dan reproduksi remaja oleh Drg. Elsa Setyaningsih MKM, partisipasi anak dalam pembangunan dan hubungan KHA dengan KLA oleh Bappeda dan WVI, kekerasan terhadap anak oleh Polres Sekadau, Konverensi hak-hak anak oleh Vientiny S, Pendewasaan Usia perkawinan oleh Yoga Aditya Pratama dan Narkotika dan Zat-zat Adiktif oleh Iqlima Natasha sebagai Narasumber dari FAD Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini juga  dihadiri Kejari Andri Irawan, Pabung Dandim 1204 Sanggau-Sekadau Mayor Inf. Budi Sumarjono, perwakilan Wahana Visi Indonesia ( WVI ), dan BPRPD Kabupaten Sekadau. ( Herman )

Timot Timot

Related posts

Top