Sarana dan Prasarana Olahraga Perlu Dibangun

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Salah satu upaya guna mendukung perkembangan dunia olahraga di Kabupaten Sintang adalah dengan membangun sarana dan prasarananya. Hal tersebut disampaikan  Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah, Abdul Syufriadi, SH.,M.Si  saat mewakili Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph membuka rapat koordinasi bidang keolahragaan pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2017, Rabu (5/4/2017).

Diakui Abdul kondisi sarana dan prasarana yang ada perlu mendapat perhatian pemerintah untuk dibenahi.

“segera perbaiki tatakelola keolahragaan dengan menggunakan segala sumber daya yang kita miliki, untuk menghasilkan perbaikan kinerja keolahragaan di Kabupaten Sintang,” kata mantan Sekretaris Dewan ini.

Abdul menyampaikan pihaknya menyambut baik diadakannya rapat koordinasi ini, melalui rapat ini di harapkan banyak masukan dan saran yang bisa menumbuhkan rasa kecintaan terhadap olahraga dan terjalin kerjasama antar pihak dalam bidang olah raga. Tentunya lanjut Abdul hal ini seperti angin segar bagi masyarakat pecinta olahraga di Sintang karena beberapa waktu sebelumnya kegiatan dibidang olahraga sempat mati suri.

“kita juga berharap melalui kegiatan-kegiatan yang dirancang dalam program kerja Disporapar ini dapat mencetak atlit muda kita yang berprestasi di even-even hingga ketingkat nasional,” harap Abdul.

Perihal wacana pagelaran perprov tahun 2018 yang akan diadakan di Sintang, Abdul mengungkpakan pemkab sintang sudah siap.

“Kita secara fisik dan anggaran untuk perprov kita cukup siap,” timpalnya.

“kita punya stadion yang besar dan beberapa sarana yang lain yang juga memadai untuk diadakannya even besar di Sintang ini, tinggal kita tunggu para stakeholder terkait memantapkan kekompakkannya dalam persiapan penyelenggaran perhelatan ini,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, S.Sos.,M.Si menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini juga bertujuan untuk membahas tinjauan kesiapan Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah perhelatan beberapa even tingkat provinsi. “rapat koordinasi ini sebenarnya agenda rutin kita membahas program kerja disporapar, hanya saja kali ini ada beberapa hal penting yang kita bahas bersama dengan KONI provinsi,” terang wanita yang biasa disapa Ika ini.

“pada rakor ini kita akan mendata dan melihat cabang-cabang oalhraga yang dapat kita laksanakan untuk persiapan perprov nanti,”papar Hendrika.  “kita setidaknya siap untuk 7 cabang olah raga, namun jika hasil survey dan analisa dari KONI provinsi Sintang cukup memenuhi lebih dari itu, bisa jadi nanti akan ada 12 cabang olahraga yang bisa diselenggarakan di sini,” sambungnya lagi.

Hendrika menyebutkan kesiapan atlit kabupaten juga menjadi hal yang dibahas pada rapat ini. “Sintang memiliki sumber daya manusia yang cukuplah dibidang olahraga ini. Beberapa yang cukup menonjol, di cabang sebagian besar atlit kita bahwa sebagian besar cabang olahraga untuk beberapa cabang anggar, voly, karate,” pungkasnya.

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Pinarto menjelaskan lebih lanjut mengenai cabang-cabang olahraga yang siap dihelat di Sintang. “ada 7 cabang olah raga yang kita sarana-prasarananya sudah siap, yaitu sepak bola, bola volly, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, pencak silat, catur, billiard dan bridge,” katanya.

“selain untuk kejurda dan perprov, tahun ini Sintang juga akan menjadi tuan rumah pelaksana untuk penyelenggaraan peringatan hari olah raga nasional ke-34 se-Kalimantan Barat pada September nanti,” terang Pinarto. “akan ada banyak cabang olah raga yang diperlombakan di Sintang, dan ada pula kontingen-kontingen dari seluruh kabupaten kota akan hadir ke Sintang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari KONI Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan berbagai organisasi cabang olahraga yang ada di Kabupaten Sintang serta sejumlah tokoh olahraga dan guru-guru olahraga se-kota Sintang. (evy)

__Terbit pada
05/04/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya