Rayakan Hari Jadi, PPNI Sekadau Sosialisasikan Budaya Cuci Tangan

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]– Persatuan Perawat Nasional indonesia (PPNI) di Kabupaten Sekadau melaksanakan penyuluhan dan cuci tangan bersama perwakilan siswa-siswi dari 8 sekolah dasar (SD) di Sekadau.  Penyuluhan ini dalam rangka memperingati hari jadi PPNI ke-43 tahun di Kabupaten Sekadau.

Dengan mengangkat tema ” gerakan perawat mendukung masyarakat sehat “, sejumlah perawat peragakan bagaimana mencuci tangan yang baik. Aksi cuci tangan ini dilakukan dihalaman SDB Slamet Riyadi Jl.Merdeka Selatan, Sekadau hilir pada Jumat, (17/03/2017).

“kita memang menggalakan budaya cuci tangan, karena sebagaian besar kuman itu banyak di dapati di tangan,” ujar Ketua PPNI Kabupaten Sekadau Drs. Subagyo.

Lebih lanjut dikatakan pria yang juga Kepala puskesmas Selalong ini perayaan hari jadi PPNI memang rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Ia  berharap, dengan keberadaan para perawat disetiap wilayah kerjanya dapat berbuat hal yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

” Bangsa yang kuat adalah bangsa yang sehat,” tuturnya.

Begitu pula yang disampaikan Plt. Kepala dinas kesehatan Kabupaten Sekadau St. Emanuel SKM, Selain mencuci tangan dengan baik, ada beberapa hal terpenting sebagai penopang hidup yang sehat yakni lingkungan bersih, prilaku dan budaya masyarakat , pelayanan kesehatan terutama petugas kesehatan sebagai ujung tombak diwilayah kerjanya.

” cukup penting, sebelum dan setelah makan serta setelah memegang benda kotor budayakan cuci tangan dengan sabun yang bersih,” imbaunya.

Sementara itu, Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Drs. Agustinus MM mewakili bupati menyampaikan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Prilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting,” imbuhnya.

Ia juga berharap, dimana pun tempatnya, hendaknya wadah atau sarana atau tempat cuci tangan harus selalu disiapkan.  ” sarana harus disiapkan,  dan terus disosialisasikan terutama pada anak-anak dan masyarakat sesuai visi dan misi pemerintahan Kabupaten Sekadau, yakni maju, mandiri dan berdaya saing,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan, perwakilan Polres, perwakilan Koramil 15 Sekadau hilir, Dinas Pendidikan, Forkopimka, Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau, dewan guru SDB Slamet Riyadi, tamu undangan dan ratusan adik-adik pelajar sekolah dasar dari 8 sekolah. ( Herman )

__Terbit pada
17/03/2017
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya