Kementerian Perhubungan Kucurkan Rp. 2,6 M untuk Dermaga Sunyat Sungai Asam

Rombongan Meninjau Langsung Kondisi Dermaga Sunyat Sungai Asam

SEKADAU [www.mediakapuasraya.com]– Kementerian perhubungan kucurkan dana sebesar Rp. 2,6 Miliyar untuk kelanjutan pembangunan dermaga penyeberangan sunyat Sungai Asam.

Sebelum pengucuran dilakukan, Kementrian perhubungan bersama ASDP dan dinas perhubungan Kabupaten Sekadau meninjau langsung kondisi dermaga. Anggaran tersebut rencananya akan diperuntukan untuk memperpanjang akses naik – turunnya kendaraan.

“Dalam rapat pada september 2015 di kementrian lalu,  kita laporkan kondisi dermaga waktu surut dan dan akhirnya ditindaklanjuti dengan peninjauan kelapangan “, ungkap Fendy Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau pada Kamis (16/03/2017).

Dikatakan Mantan Camat Rawak itu melanjutkan, progres kelanjutannya pembangunan dermaga ini baru dapat direalisasikan dan pihaknya juga sudah melengkapi dokumen terkait dermaga ini.

“Rencana dari ASDP yang kelola, dan tahun ini akan ditambah lagi pekerjaan “, Tutupnya.

Sementara itu, supervisor ASDP Pontianak, Juliansyah mengatakan, pada dasarnya kita ada kapal yang tidak efektif dilintasan lain dan akan digunakan disini.

“Sudah ada permintaan pemkab untuk operasikan kapal tersebut, tapi kita melihat lagi kondisi dermaganya,” katanya.

” Kalau dengan kondisi seperti ini, sepertinya belum siap. Bensengan mungkin akan lebih dipanjangkan,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi perancangan bangunan pelabuhan sungai dan danau direktorat prasarana perhubungan darat kementrian perhubungan, Beta Marsudi menjelaskan jika kelanjutan pembangunan dermaga yang ada di sunyat ini akan dilaksanakan dari pemerintah pusat.

“Kalau dilihat dari keseluruhan tidak ada masalah cuma belum sempurna. Dengan total anggaran mencapai sekitar Rp. 50 M. Sesuai rencana pembangunan, kita sudah ditenderkan dan ada pemenang. Tak lama lagi akan dikerjakan, target september 2017 sudah selesai ,” tandasnya. ( Herman )

__Terbit pada
16/03/2017
__Kategori
Sekadau, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya