Aduh..Lantai Dua Pasar Raya Sintang Terendam

Air Genangi Selasar Lantai Dua Pasar Raya Sintang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Hujan deras yang melanda Kota Sintang pada Rabu (25/01/2017) kemarin ternyata membuat sejumlah ruas bangunan lantai dua Pasar Raya Sintang terendam. Intensitas hujan yang tinggi ternyata membuat saluran air yang berada di atap bangunan tidak bisa berfungsi optimal sehingga air merembes dan merendam lantai dua setinggi mata kaki. Kondisi ini cukup ironis mengingat bangunan pasar tersebut masih baru bahkan belum diresmikan.

Salah satu pedagang (namanya tidak ingin dipublikasikan)  yang berjualan pakaian dilantai dua mengatakan selain terjadi banjir, plafon/dek disalah satu lapak ada yang jebol. Posisi plafon yang jebol berada tidak jauh dari pintu ruko tempat ia berjualan pakaian. Pedagang yang belum genap sebulan pindah kelantai dua ini mengaku tidak mengetahui pejebab plafon/dek jebol.

“kami belum sebulan pindah ke atas sini, banjir sudah terjadi dua kali saat hujan pada hari senin dan rabu kemarin, terjadi kebocoran yang menyebabkan air mengenangi lantas atas pasar ini dan tingginya hingga semata kaki orang dewasa. Disana ada dek yang jebol tapi ruangannya sudah digembok tadi pagi “ ujarnya kepada media ini, Kamis (26/01/2017).

Dia berharap pemerintah atau pihak yang bertanggunjawab terhadap pembangunan gedung pasar raya Sintang ini segera memperbaiki kerusakan yang ada sehingga para pedangang tidak merasa khawatir  saat hujan turun terutama saat hujan deras dengan durasi waktu yang lama.

Ditemu terpisah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sintang (disperindagkop), H. Sudirman mengatakan banjir yang terjadi disebabkan oleh drainase atau saluran air yang tersumbat di atap gedung Pasar Raya Sintang hingga air membludak dan menyebabkan banjir dilantai dua. Dia juga membantah jika ada plafon atau dek yang jebol.

“tidak ada yang jebol, banjir itu dikarenakan meluapnya air hujan dari paralon pembuangan yang ada dibagian atas bangunan yang tersumbat oleh sampah, saluran air itu belum ada saringan diatasnya,” ujar Sudirman , Kamis (26/01/2017) Siang.

Saluran Air  di atap Bangunan yang Tersumbat Oleh Sampah. FOTO : SUDIRMAN

Atas kejadian tersebut Sudirman mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki pada hari itu juga  “tadi pagi sudah kita tinjau apa permasalahannya dan hari ini juga kita sudah perintahkan untuk segera diperbaiki,” tukasnya.

Disinggung mengenai kapan peresmian pasar, Sudirman mengatakan kemungkinan besar akan dilaksanakan pada minggu kedua atau minggu ketiga bulan Februari mendatang.

“peresmian kita jadwalkan minggu kedua atau ketiga bulan depan, sebenarnya bulan Januari ini cuma terkendala adanya data-data yang belum tuntas, maka kita undur waktunya,” ujar Sudirman (mo)

__Terbit pada
26/01/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya