Ini Kata Milton Crosby Soal Kapuas Raya

Foto: Koordinator Pembentukan Propinsi Kapuas Raya, Milton Crosby. TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Koordinator pembentukan Provinsi Kapuas Raya, Milton Crosby,  menyatakan, dia tetap berkomitmen untuk mengusahakan pemekaran Provinsi Kapuas Raya (PKR) hingga saat ini. Karena pembentukan PKR ini merupakan suatu keharusan. “Pembentukan Propinsi Kapuas Raya itu hak warga di kawasan timur Kalbar untuk mengejar ketertinggalan pembangunan,” ujar Milton saat dijumpai di kediamannya, Selasa (18/01/2017) lalu.

Dikatakannya, meski saat ini  suara yang meneriakan pembentukan PKR terkesan meredup, tak berarti perjuangan untuk mewujudkan lahirnya provinsi baru di kawasan timur Kalbar terhenti. Usaha untuk merealisasikan PKR tetap berjalan.

“Ibaratnya orang lain orang sudah tiarap, saya masih berdiri,”imbuhnya.

Lebih jauh dikatakannya saat ini pembentukan PKR sudah melalui beberapa tahapan. Pemerintah pusat seperti, Depdagri, Komisi II DPR RI, dan Komite I DPD RI, juga telah membahasnya bersama-sama. Dimana mereka semua sudah sepakat terkait 88 Daerah Otonomi Baru (DOB) telah diundang untuk menggelar rapat paripurna mempercepat DOB.

“Berdasarkan udang-undang tentang DOB, nantinya Pemerintah Pusat akan mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) tentang daerah persiapan,” ujar mantan Bupati Sintang ini.

Milton menjelasakan, persiapan DOB tidak dibentuk pemerintah pada tahun 2015 lalu karena pemerintah pusat terkendala pada masalah dana. Sementara untuk Kalbar sudah ada grand desain pemekaranya, diperkirakan sampai tahun 2025, Kalbar dimungkinkan untuk membentuk DOB.

“Informasinya begini, persiapan DOB tersebut sengaja tidak direalisasikan di tahun 2015 oleh pemerintah pusat, dikarenakan terkendala pada masalah keuangan, sebab untuk pembiayaannya sepenuhnya dibebankan ke APBN bukan ke daerah,” pungkasnya. (rin/mo)

__Terbit pada
23/01/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya