Wisatawan Asing Akan Kunjungi Obyek Wisata di Sintang

Plt Kadis Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sintang, Syarifuddin. TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sedikitnya 100 orang wisatawan asal Serawak, Sabah dan Brunai Darussalam pada Sabtu, 28 Januari 2017 mendatang akan betandang ke kabupaten Sintang. Wisatawan asing ini akan mengunjungi sejumlah obyek wisata dan budaya yang ada di daerah ini.

Guna menyambut kedatangan wisatawan tersebut, Pemkab Sintang hari ini Kamis, (19/01/2017) melaksanakan rapat membahas persiapan penyambutan tersebut. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah tadi pagi dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah.

Sekda menjelaskan bahwa kedatangan 100 orang wisatawan asing tersebut dilaksanakan dalam sebuah acara Danau Sentarum-Kapuas River Cruise Adventure Tahun 2017. Rombongan lebih dulu mengunjungi Kabupaten Kapuas Hulu kemudian menghilir ke Sintang dan Kabupaten lainnya menelusuri sungai kapuas.

“rombongan wisatawan ini akan berangkat dari Semitau Kabupaten Kapuas Hulu menuju Sintang. untuk itu kita harus menyambut mereka dan mengajak mereka berkeliling ke beberapa tempat wisata sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju Sekadau,” terang Yosepha Hasnah

Pelaksana Tugas Kadisporaparekraf Kabupaten Sintang, Syarifuddin, menyampaikan rombongan akan menyusuri Sungai Kapuas menggunakan motor bandong berangkat dari Semitau dan akan singgah di Sintang, Sekadau, Sanggau dan berakhir di Pontianak.

“mereka akan berangkat pada tanggal 27  Januari 2017 dari Semitau sekitar pukul 23.50 WIB. Dan diperkirakan  tiba di Sintang pada 28 Januari 2017 sektar jam 06.00 pagi,” terangnya.

Kedatangan wisatawan ini akan disambut dengan adat melayu di dermaga sakatiga. Kemudian sesuai rencananya mereka akan keliling kebeberapa tempat obyek wisata budaya seperti  ke Museum Kapuas Raya, Galeri Motor Bandung dan Rumah Panjang Yayasan Kobus.

“transportasinya kita siapkan dan kalau memang cukup waktu kita juga akan bawa mereka ke obyek wisata kelam dan keraton, soalnya wisatawan ini hanya singgah beberapa jam  saja di Sintang dan jam 12. 00 siang mereka akan berangkat ke Sekadau, disana juga ada acara penyambutan,”ujarnya.

Selepas berkunjung ke obyek wisata lanjut Syarifuddin, wisatawan asing ini akan kembali disambut dengan tarian adat Dayak saat kembali ke dermaga.

“kita akan sajikan tarian adat Dayak  sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju Sekadau,” tandasnya.

Syarifuddin mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kunjungan wisatawan asing ini, untuk itu dia meminta seluruh pihak yang terlibat untuk mempersiapkan acara ini sebaik mungkin.

“ini juga menjadi kesempatan kita untuk mengenalkan potensi wisata di daerah kita ke mancanegara,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top
error: Content is protected !!