Pasca Ditemukan Sosis Ilegal dan Tak Kantongi Ijin, Toko Sinar Laut di Segel

Petugas Satpol PP Menyegel Toko Agen Ikan Sinar Laut di Pasar Masuka, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Rabu (18/01/2017)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Tim gabungan yang terdiri  Satpol PP, Badan Penanaman Modal  dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan pihak  Kepolisian, Rabu (18/01/2017) siang, menyegel Toko Agen Ikan Sinar Laut milik Akhiat di Pasar Masuka, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir. Penyegelan ini menindak lanjuti hasil sidak Rombongan Wakil Bupati Sintang beberapa waktu lalu yang mana di toko ini  sempat ditemukan sosis ilegal asal Malaysia. Tak hanya itu, toko ini juga  tidak mengantongi ijin dari BPMPTSP Sintang.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Sintang, Sutarjo menerangkan penertiban terpaksa dilakukan karena pemilik Toko Agen Ikan Sinar Laut tidak punya izin operasional usaha seperti Suran Izin Tempat Usaha (SITU), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

“Toko sinar laut milik saudara Akhiat ini belum ada izin. kalau toko lama sih ada izinnya, tapi itu tidak berlaku di toko ini. Itu kan lain tempat,”terang Sutarjo.

Lebih lanjut Sutarjo menerangkan pihaknya masih memberikan kesempatan pelaku usaha untuk mengurus perizinan, namun aktivitas sementara toko ini dihentikan sampai pelaku usaha mengantongi izin.

“Kami sifatnya hanya imbau dan informasi. Kalau penertiban dan penyegelan ini kan menyangkut keputusan tim, ikut peraturan berlaku, tapi yang jelas kita harapakan pelaku usaha toko ini segera mengurus perizinan,” katanya.

Disinggung komitmen BPMPTSP terkait aktivitas usaha tidak berizin lainnya, Sutarjo mengatakan ketika belum ada laporan dari masyarakat dan tidak bermasalah maka usaha-usaha itu masih bisa dibina sesuai aturan yang ada. Dia juga memastikan pihaknya juga akan tegas terhadap toko-toko yang belum mengantongi izin.

“Toko yang belum kantongi izin, kita datangi dan kita suruh segera urus,” tandasnya. (mo)

__Terbit pada
18/01/2017
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya